Senin 02 Agustus 2021, 18:33 WIB

Jakarta International Stadium Siap untuk Piala Dunia U-20

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Jakarta International Stadium Siap untuk Piala Dunia U-20

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Suasana pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) berlangsung di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta.

 

JAKARTA International Stadium (JIS) bersiap menjadi salah satu venue pada Piala Dunia U-20 di Indonesia. Diketahu, induk sepak bola dunia atau FIFA menunda ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia imbas pandemi covid-19.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Nadia Diposanjoyo mengatakan pihaknya selaku project owner berkomitmen menuntaskan pembangunan stadion berstandar FIFA yang diproyeksikan rampung pada penghujung 2021. Ia mengatakan JIS memiliki sejumlah keunggulan, seperti telah mendapatkan seritifkasi Green Building Grade Platinum atas konsep pembangunan keberlanjutannya.

"JIS menjadi stadion di Asia pertama yang mendapatkan sertifikasi itu," terang Nadia dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/8).

Dengan mengusung konsep Green Building Grade Platinum, JIS mampu menghemat energi, salah satunya dengan nilai Overall Thermal Transfer Value (OTTV) mencapai 26,60 W/m2 dari standar maksimal SNI 35 W/m2.

Baca juga: Persib: Tim Butuh Persiapan Lebih Lama Hadapi Liga 1

Selain itu, stadion di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara itu akan memiliki atap buka tutup pertama di Indonesia dan kapasitas 82 ribu penonton yang setara dengan stadion klub besar eropa seperti San Siro, Santiago Bernabeu, Camp Nou, dan New Feyenoord.

"JIS juga memiliki tempat duduk khusus bagi penyandang disabilita agar dapat bersama menikmati pertandingan dalam stadion," tuturnya.

Sebelumnya, FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun ini. Namun, pandemi covid-19 membuat induk sepak bola dunia itu menunda hingga 2023.

"Akibat pandemi covid-19, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 putra dan Piala Dunia U-17 edisi 2021 putra, serta menunjuk Indonesia dan Peru masing-masing, yang akan menjadi tuan rumah turnamen pada 2021, sebagai tuan rumah edisi 2023," bunyi pernyataan resmi FIFA.

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru, atas komitmen dan persiapan turnamen yang dilakukan selama ini. FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses." (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Tekuk Persiraja, Persipura Keluar Dari Zona Degradasi

👤Widhoroso 🕔Jumat 24 September 2021, 18:56 WIB
PERSIPURA Jayapura memetik kemenangan perdana di Liga 1 2021-2022 setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh 2-1 pada matchday keempat di...
MI/Andri Widiyanto

Dua Gol Spaso Pertahankan Rekor Kemenangan Bali United

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 24 September 2021, 18:44 WIB
Gol Spaso dicetak pada menit 4 dan 86. Sementara, gol Persita Tangerang dicetak Edo Febriansyah pada menit...
Twitter @Persija_Jkt

Pelatih Persela Sebut Kehadiran Alessio Naikkan Harkat Sepak Bola IndonesIa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 24 September 2021, 12:35 WIB
Nama Alessio tenar setelah mendampingi pelatih kenamaan Italia, Antonio Conte, sebagai asisten pelatih pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya