Selasa 27 Desember 2022, 13:25 WIB

Bawaslu belum Temukan Parpol yang Coba Jegal Partai Ummat

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Bawaslu belum Temukan Parpol yang Coba Jegal Partai Ummat

MEDIA INDONESIA/PIUS ERLANGGA
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja Bagja

 

PARTAI Ummat mengeklaim ada salah satu partai yang ingin menggagalkan proses verifikasi faktual ulang di Sulawesi Utara. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyatakan pihaknya belum menemukan adanya indikasi penjegalan tersebut.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja Bagja mengakui pihaknya akan sulit untuk menyelidiki dugaan gangguan itu jika tidak ada laporan atau temuan. Sejauh ini Bawaslu belum menemukan adanya indikasi kecurangan tersebut.

"Sampai sekarang belum terpantau hal demikian (gangguan verifikasi faktual)," ungkap Bagja, Selasa (27/12).

Tidak hanya itu, Bagja pun mendorong Partai Ummat untuk melaporkan dugaan itu ke Bawaslu agar bisa ditindaklanjuti. "Iya (laporkan jika ada dugaan gangguan saat verifikasi faktual)," tegas Bagja.

Sebelumnya, Partai Ummat mengungkapkan ada upaya-upaya yang dilakukan oleh salah satu partai yang mencoba menggagalkan proses verifikasi faktual ulang Partai Ummat di Sulawesi Utara. 

Humas Partai Ummat, Mustofa . Nahrawardaya, menyebut informasi itu didapatkan dari pengurus dan kader partai di daerah-daerah yang sedang menjalani verfak ulang di Sulawesi Utara. 

"Kami mendapatkan laporan bahwa kader-kader salah satu partai tertentu begitu getol terus-menerus mengganggu jalannya verifikasi faktual. Bahkan lebih jauh terindikasi melakukan upaya intervensi kepada penyelenggara dan pengawas agar Partai Ummat tidak lolos dan tidak bisa ikut Pemilu 2024," papar Mustofa dalam rilis yang diterima, Senin (26/12). (P-2)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya