Selasa 22 November 2022, 17:51 WIB

PKB Dinilai Tidak Punya Daya Tawar Ajukan Capres

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
PKB Dinilai Tidak Punya Daya Tawar Ajukan Capres

MI/ Irfan
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) atau Cak Imin bersama Ketua DPR Puan Maharani

 

PENELITI SMRC Saidiman Ahmad menilai daya tawar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk memajukan calon presiden (capres) kurang logis.

Diketahui, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan akan duduk bersama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto membahas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu akan dilakukan untuk menentukan sosok yang akan ditetapkan sebagai capres.

“Karena sampai saat ini Cak Imin tidak terlalu populer untuk dihadirkan menjadi capres. Dukungan publik itu masuh jauh dengan Prabowo,” tutur Saidiman kepada Media Indonesia, Selasa (22/11).

Saidiman menyebut kans Cak Imin untuk menjadi presiden sangat kecil dibandingkan dengan tokoh-tokoh lain. Apalagi, jika dibandingkan dengan Prabowo karena memiliki dukungan publik yang lebih besar.

Secara umum, kata Saidiman, koalisi Gerindra-PKB ini saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Baca juga: Golkar Butuh Diferensiasi Kampanye yang Menyasar Pemilih Muda

“Gerindra kuat di wilayah-wilayah yang PKB belum atau tidak terlalu kuat. PKB banyak di Jatim, di Jateng, itu wilayah-wilayah Gerindra yang kurang,” paparnya.

Maka dari itu, dari logika electoral, Saidiman menilai tidak menguntungkan untuk kedua parpol jika koalisi berhenti di tengah jalan.

Namun, di sisi lain, Cak Imin yang sudah cukup lama menjadi ketua umum PKB juga sah-sah saja ingin mencoba jadi capres.

Sebagai ketum parpol, lanjut Saidiman, hasrat ingin berada di posisi paling puncak, yakni menjadi presiden tentu akan muncul.

“Tetapi kalau mau realistis agak susah karena belum kompetitif. Yang paling mungkin adalah Cak Imim jadi cawapres,” tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Usut Kasus Korupsi di Universitas Lampung, KPK Periksa Empat Saksi 

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:02 WIB
Para saksi diambil keterangannya untuk Karomani selaku Rektor Universitas Lampung dan tersangka lainnya. Pemeriksaan sejumlah saksi...
Antara

KPK Periksa Empat Saksi Dalami Rasuah di Unila

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:00 WIB
PENYIDIK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap terkait penerimaan mahasiswa baru di Universitas Lampung...
Ist

Kapolri Dampingi Laksamana Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:47 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL)Laksamana Yudo Margono hari ini menjalani fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di DPR RI, Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya