Selasa 10 Mei 2022, 10:09 WIB

Pengamat Nilai Puan Maharani Sebagai Politikus Mumpuni

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pengamat Nilai Puan Maharani Sebagai Politikus Mumpuni

Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani berpidato pada 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings di Nusa Dua, Bali.

 

KETUA DPR RI Puan Maharani dinilai memiliki kapasitas dalam merajut komunikasi dengan kalangan elite politik. Kapasitas ini dianggap sebagai sikap yang dapat mewakili aspirasi semua kelompok.

Sebagaimana diktehaui Puan Maharani juga menggelar pertemuan politik dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Di sisi lain, Puan juga menemani ibunya yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

Pertemuan Puan dengan para elite politik di Tanah Air disinyalir sebagai bagian konsolidasi untuk menghadapi momen menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Pengamat Politik Lingkar Studi Politik Indonesia (LSPI), Indra Setiadi menyebut Puan menunjukkan kapasitasnya selaku politikus yang mumpuni. Dia luwes dalam berkomunikasi  di dunia politik.

Baca juga: Silaturahmi Elite Politik jaga Stabilitas Bangsa

"Saya katakan Puan pandai merajut komunikasi ke elite. Sikapnya tunjukkan dirinya dapat mewakili aspirasi semua kelompok," jelas Indra melalui keterangan tertulis, Selasa (10/5).

Indra menyebut Puan lahir dari lingkungan tokoh besar seperti ibunya Megawati Soekarnoputri dan kakeknya Soekarno. Ini wajar jika kualitas kepemimpinannya tak perlu diragukan.

Dia menyebut keluwesan berkomunikasi adalah syarat mutlak bagi pemimpin negara. Ini karena Indonesia tidak dapat dibangun dan dipimpin oleh kepemimpinan yang tidak merangkul. 

Indra menyatakan Indonesia merupakan negara yang heterogen. Hal tersebut jelas membutuhkan kepemimpinan yang mengayomi dan punya komunikasi publik bagus.

Selain itu, komunikasi elite yang bagus akan menciptakan stabilitas politik dalam negeri. Ini berguna agar negara dapat fokus untuk membangun.

"Puan saya rasa punya hal ini. Modal komunikasi elitnya yang bagus membuat dia punya harapan besar di 2024. Puan punya kualifikasi jadi pemimpin bangsa," jelasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara/Iggoy el Fitra.

PP Muhammadiyah Sesalkan Singapura Larang Masuk Ustaz Abdul Somad

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:04 WIB
Karena tidak juga diizinkan masuk, akhirnya rombongan UAS pergi meninggalkan Singapura pada sore...
MI/ Pius Erlangga

Singapura: Abdul Somad Ditolak Masuk Karena Dukung Ajaran Ekstremis dan Kekerasan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:40 WIB
Somad dinilai juga membuat komentar yang merendahkan anggota komunitas agama...
ANTARA

KPK Geledah Balai Kota Ambon, Bawa 5 Koper dan 1 Tas

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:25 WIB
Tim penyidik KPK membawa lima koper dan satu tas berwarna cokelat, usai penggeledahan dari Balai Kota Ambon pukul 21.46 WIT, Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya