Senin 11 April 2022, 11:09 WIB

Ketua Fraksi NasDem Minta Kawal Demontrasi dengan Humanis

Sri Utami | Politik dan Hukum
Ketua Fraksi NasDem Minta Kawal Demontrasi dengan Humanis

Ist/DPR
Ketua Fraksi Partai NasDem MPR Taufik Basari.

 

RENCANA aksi demonstrasi mahasiswa hari ini dinilai Ketua Fraksi Partai NasDem MPR Taufik Basari sebagai bagian bagian penting dari demokrasi.

Oleh sebab itu sah-sah saja apabila ada kelompok masyarakat termasuk mahasiswa, menyuarakan aspirasinya untuk meminta perhatian masyarakat dan pemegang kekuasaan.

“Kita hidup di alam demokrasi dimana perbedaan pendapat adalah denyut nadinya. Jangan melihat demonstrasi sebagai suatu ancaman tapi lihatlah sebagai suatu pengingat bahwa kekuasaan itu adalah amanah yang harus dijalankan dengan nilai-nilai luhur,” kata Taufik, Senin (11/4).

Menurut Taufik, pesan yang disampaikan para demonstran merupakan hal yang penting untuk didengarkan.

Demonstrasi hari ini menyuarakan keresahan publik atas adanya gagasan soal penundaan pemilu 3 periode, naiknya harga bahan pokok seperti minyak goreng dan kenaikan bahan bakar minyak yang akan menyulitkan masyarakat.

Baca juga: Unjuk Rasa 11 April, Kapolri: Kawal dengan Humanis

"Aspirasi ini harus disikapi dengan kebijakan yang pro terhadap rakyat," imbuhnya.

Dia mengajak agar pemerintah dan DPR RI mengambil sikap positif dan bijak atas tuntutan tersebut dan tidak malah bereaksi negatif.

“Mari kita sudahi wacana penundaan pemilu dan masa jabatan 3 periode. Saya juga mengajak pemerintah dan DPR bersama-sama memikirkan cara untuk mengendalikan harga bahan pokok agar tidak menyulitkan masyarakat,” tegasnya.

Sejak awal Fraksi NasDem MPR menolak adanya usulan amandemen terkait perpanjangan masa jabatan dengan penundaan pemilu maupun mengubah masa jabatan menjadi 3 periode.

Bahkan sejak tahun lalu, Fraksi NasDem MPR RI sudah mengingatkan bahwa gagasan amandemen terbatas terkait usulan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) dapat membuka kotak pandora untuk isu lainnya terkait perpanjangan kekuasaan yang tidak sejalan dengan semangat demokrasi.

"Kami mengusulkan agar wacana amandemen terbatas terkait PPHN-pun tidak perlu dibahas pada periode ini demi kepentingan bangsa, agar tidak terus terbuka gagasan penundaan pemilu dan masa jabatan 3 periode"

Dia juga menjamin jalannya demonstrasi yang aman sekaligus menghimbau para demonstran untuk dapat melaksanakan aksinya secara damai. 

Taufik yang juga anggota Komisi III DPR RI juga meminta agar aparat keamanan dapat mengawal demonstrasi dengan humanis sebagaimana perintah Kapolri. (Sru?OL-09).

Baca Juga

Biro Pers Setpres

Pemuda Katolik Apresiasi Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:07 WIB
Gusma menilai langkah Jokowi menunjukkan kualitas kepemimpinan yang patut dijadikan teladan bagi masyarakat...
MI/ Susanto

Kejagung Periksa Pegawai Honorer Kemendag Terkait Impor Besi Baja

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:54 WIB
Pegawai berinisial W itu diambil keterangannya untuk tiga tersangka kasus...
PRESIDENTIAL PALACE / AFP

Muhammadiyah Ajak Seluruh Pihak Dukung misi Perdamaian Jokowi

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:38 WIB
Dukungan tersebut diperlukan sebagai aktualisasi dalam mewujudkan perdamaian dunia yang diamanatkan oleh konstitusi Indonesia, yakni UUD...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya