Kamis 31 Maret 2022, 16:16 WIB

Pantau Harga Pangan Ramadan, Puan Maksimalkan Peran DPR

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pantau Harga Pangan Ramadan, Puan Maksimalkan Peran DPR

Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani.

 

KETUA DPR RI, Puan Maharani, menyerukan pemerintah supaya menstabilkan harga pangan sebelum masuk Ramadan. Puan dinilai telah menjalankan maksimal peran DPR sebagai pengawas pemerintahan.

Direktur Eksekutif Indodata, Danis TS Wahidin, menegaskan Indonesia menganut sistem presidensial.

"Artinya parlemen dan eksekutif merupakan entitas yang sama-sama kuat. Situasi ini membuat parlemen lebih vokal dalam mengawasi pemerintah dibanding pada sistem parlementer," jelasnya. 

Di sistem parlementer, pemerintahan dibentuk langsung oleh parlemen. Ini membuat kritik dari partai penguasa di parlemen ke pemerintah adalah hal tidak logis.

"Ketika Puan mengingatkan pemerintah menstabilkan harga pangan, artinya Puan sebagai ketua DPR telah membawa lembaganya menjalankan peran secara maksimal. Peran DPR memang seharusnya mengawasi jalannya pemerintahan," ujar Danis melalui keterangan tertulis, Kamis (31/3).

Baca juga: Puan: Pastikan Pasokan Biosolar Aman dan Tak Ganggu Logistik Saat Ramadhan

Selama ini, kata dia, banyak yang salah kaprah melihat sistem presidensial di Indonesia. Ketika parlemen diisi oleh partai pembentuk kekuasaan, maka dianggap aneh jika parlemen dari partai penguasa mengkritik pemerintah.

Padahal hal ini tidaklah salah. Dalam sistem presidensial parlemen dan pemerintah meski berasal dari partai yang sama, tambahnya, tidak jadi soal untuk saling mengkritik.

"Jadi ada persepsi salah di publik. Karena logika saat ini menganggap kita seperti sistem parlementer. Padahal tidak," tegasnya. 

Di sisi lain, Danis menyebut kritikan Puan bukannya tidak berdasar. Selama ini masalah harga pangan ramadhan sudah jadi isu tahunan. Ketika Puan menyuarakan ini artinya dia mendengar dan memahami masalah riil di publik.

"Saya pandang sikap ini baik dan saya mengapresiasinya," ujar dia.

Sebagai informasi, Ketua DPR RI, Puan Maharani, mendesak pemerintah menstabilkan harga-harga pangan yang sudah banyak mengalami peningkatan jelang bulan ramadan dan lebaran.

Ia pun mengingatkan para pemangku kebijakan untuk memastikan agar stok pangan di pasar tersedia sehingga tidak terjadi lonjakan harga. 

Selain itu, Puan juga meminta agar pemerintah menjamin kelancaran distribusi pasokan pangan sehingga segala kebutuhan masyarakat saat Ramadhan tiba tidak terkendala. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Pengacara Brigadir J: Permintaan Maaf Istri Ferdy Sambo Ditunggu Sampai Malam Ini

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:35 WIB
Menurut kuasa hukum Brigadir J, istri Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi, telah membuat laporan palsu terkait dugaan pelecehan seksual...
Tangkapan layar Instagram

Buntut Kasus Alfamart, Hotman Paris & Partners Ditunjuk Sebagai Kuasa Hukum

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:51 WIB
Perusahaan mendukung karyawannya yang telah melakukan investigasi awal dalam menjalankan tugasnya sesuai prosedur yang...
dok.pribadi

Sosialisasi Akan Akhiri Penantian Panjang akan KUHP Karya Bangsa Sendiri

👤Muhammad Fauzi 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:25 WIB
PENUNDAAN pengesahan RKUHP hendaknya disikapi bijaksana dan benar-benar dimanfaatkan untuk  sosialisasi berkelanjutan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya