Kamis 17 Maret 2022, 16:59 WIB

Kejaksaan Amankan 1.835 karton Minyak Goreng yang Siap Diekspor

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Kejaksaan Amankan 1.835 karton Minyak Goreng yang Siap Diekspor

Dok.Kejagung
Minyak goreng yang diamankan oleh Kejaksaan Tinggi Negeri DKI Jakarta

 

KEJAKSAAN Agung dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sama-sama menyelidiki dugaan kelangkaan minyak goreng yang terjadi di tanah air. Penyelidikan tersebut diduga merugikan perekonomian negara.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana menyebut hari ini jajaran Kejati DKI telah mengamankan ribuan karton minyak goreng kemasan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pengamanan itu dilakukan bersama Kantor Pelayanan utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Menurut Ketut, sebanyak 1.835 karton minyak goreng itu ditemukan dalam satu unit kontainer. Kontainer itu diduga akan diekspor oleh PT AMJ bersama perusahaan lainnya. Ketut menyebut, kontainer berisi minyak goreng itu terindikasi melawan hukum karena menyalahi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Satu unit kontainer tersebut diamankan dan tidak dipindahtempatkan atau dikeluarkan dari Terminal Kontainer JICT 1 sampai dengan proses hukum selesai," kata Ketut melalui keterangan tertulis, Kamis (17/3).

Baca juga: Mendag Cabut Aturan DMO, Tarif Ekspor CPO Naik US$300 per Metrik Ton

Sejak 2021, PT AMJ disebut telah melakukan ekspor minyak goreng yang telah merugikan perekonomian negara. Ini berimbas pada kelangkaan minyak goreng kemasan di Indonesia dan memberikan keuntungan tidak sah kepada PT AMJ sejumlah kurang lebih Rp400 juta per kontainer.

Sementara itu, Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejagung Febrie Ardiansyah menyebut, cakupan penyelidikan yang dilakukan jajarannya lebih luas ketimbang Kejati DKI Jakarta. Namun, ia belum mengungkapkan modus tindak pidana yang sedang diselidiki.

Terpisah, Direktur Penyidikan JAM-Pidsus Supardi mengatakan selama proses penyelidikan, belum ada pihak yang dipanggil untuk dimintai keterangan. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Pergantian Lili Pintauli Mulai Diproses DPR

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 27 September 2022, 11:47 WIB
Adapun calon pengganti Lili yaitu I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. Pemilihan pengganti Lili akan dilakukan Komisi III DPR sebagai mitra...
MI/Marcel Kelen

SBY Diminta Turun Tangan Bujuk Lukas Enembe Hadiri Pemeriksaan KPK

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 27 September 2022, 11:36 WIB
Bantuan dari Partai Demokrat diyakini bisa membuat Lukas luluh mau diperiksa Lembaga Antikorupsi di...
ANTARA/Wahdi Septiawan

KPK Panggil Zumi Zola di Kasus RAPBD Jambi

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 27 September 2022, 11:25 WIB
KPK menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. Total tersangkanya mencapai 28...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya