Kamis 20 Januari 2022, 14:30 WIB

Mahfud MD Ungkap Satgas BLBI Berhasil Tagih Rp15 Triliun

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Mahfud MD Ungkap Satgas BLBI Berhasil Tagih Rp15 Triliun

MI/ Moh Irfan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkap Satgas BLBI selama tujuh bulan bekerja sudah mengumpulkan Rp15,11 triliun. Nominal itu dari berbagai penyitaan aset dan uang debitur serta obligor.

"Satgas BLBI sampai hari ini berhasil menyita aset dan uang yang seluruhnya kalau dirupiahkan mencapai Rp15,11 triliun," kata Mahfud MD dalam konferensi, Kamis (20/1).

Yang teranyar, satgas kembali menyita aset milik Grup Texmaco berupa 159 bidang tanah senilai Rp1,9 triliun. Tanah yang disita ada di enam wilayah yakni Kota Tangerang, Kota Semarang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Batang.

Penyitaan aset Grup Texmaco itu menjadi tahap yang kedua. Pada 23 Desember 2021 lalu, Satgas BLBI menyita 587 bidang tanah dari Texmaco seluas 4,8 juta meter persegi. Tanah itu tersebar di Subang, Sukabumi, Pekalongan, Batu, dan Padang. Nilainya ditaksir mencapai Rp3,3 triliun.

Mahfud menyampaikan Satgas BLBI akan melakukan upaya berkelanjutan untuk memastikan hak tagih negara melalui serangkaian upaya seperti pemblokiran, penyitaan, dan penjualan aset debitor dan obligor yang menikmati dana BLBI.

Pemerintah, kata Mahfud, juga terus menyelesaikan regulasi seperti revisi UU Kepailitan dan Rancangan PP Pengurusan Piutang Negara oleh Panitia Urusan Piutang Negara (RPP PUPN) untuk mengambil aset-aset debitur dan obligor BLBI.

"Kepada para debitur obligor silahkan yang mau membantah ke publik, bantah saja. Tetapi kami akan terus bekerja dan mengejar. Yang belum dapat giliran nanti gilirannya ada karena semuanya tercatat di tempat kami," tandasnya. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

Antara

Densus 88 Tangkap Mahasiswa terduga Teroris di Malang

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:04 WIB
Tersangka IA, kata Ramadhan, terlibat dalam kegiatan mengumpulkan dana untuk membantu kegiatan ISIS di...
dok.Ant

Politisi PDI-P Puji Erick Thohir, Pengamat Nilai Wajar

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:05 WIB
APRESIASI atas kinerja Menteri BUMN Erick Thohir, diutarakan politisi senior Sumantri Suwarno dinilai wajar bagi pengamat komunikasi...
MI/Susanto

Kemendagri Didesak Segera Akhiri Polemik Pelantikan Pj Kepala Daerah

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:55 WIB
Sebelumnya Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar Pemerintah melakukan proses seleksi secara transparan dan terbuka bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya