Kamis 16 Desember 2021, 21:42 WIB

Munas FKPPI untuk Menguatkan Semangat Bela Negara

Mediaindonesia | Politik dan Hukum
Munas FKPPI untuk Menguatkan Semangat Bela Negara

Dok MI
Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo (tengah)

 

FORUM Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) akan menggelar Musyawarah Nasional ke X di Hotel Sultan, Jakarta pada 20-22 Desember 2021. 

Rencananya Munas juga akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. "Dalam menjaga krotokol kesehatan maka yang diundang yakni hanya 34 pengurus daerah, yang setiap daerah dua orang, lalu ada dewan pakar, dewan pembina dan pengurus pusat, ada juga yang hadir secara online," kata Sekretaris Jenderal FKPPI Anna.R Legawati, Kamis (16/12).

Sementara itu, Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo mengatakan munas bukan sekedar untuk pergantian kepengurusan, melainkan juga untuk mengkonsolidasikan dan memperkokoh FKPPI dalam bela negara.

"Karena FKPPI ini adalah anak-anak dari para pejuang pendiri bangsa ini. Oleh karena itu inti dasar dari FKPPI atau  dasar ber-FKPPI itu adalah berbela negara," katanya.

Berbela negara, menurut Pontjo, yakni membela negara dari ancaman-ancaman yang bentuknya kini sangat kompleks. Ancaman terhadap negara sekarang ini berbeda dengan ancaman terhadap negara 76 tahun yang lalu, yakni agresi militer. "Sekarang ini kompleks, sehingga perlu peran seluruh elemen bangsa dalam membela negara," katanya.

Salah satu contohnya kata Pontjo yakni vaksinasi untuk melawan pandemi Covid-19. Banyak kendala yang dialami pemerintah dalam menggalakan vaksinasi sehingga harus menerjunkan TNI dan Polri.  FKKPI, lanjutnya, harus berkontribusi dalam ruang seperti itu.

Lebih jauh Pontjo mengatakan FKPPI memiliki kekuatan yang besar yang bisa dimanfaarkan sebaik mungkin untuk mengisi kekosongan bela negara. Pasalnya, banyak kader FKPPI yang duduk di kursi eksekutif, legislatif dan pimpinan masyarakat.

"Kekuatan real ini yang harus kita reorganize, untuk kepentingan  bela negara. Itulah yang perlu kita rumuskan dalam Munas ke 10, nanti," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Soal Dana Kampanye Hitam, Bawaslu tak Boleh Tinggal Diam

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:22 WIB
Diketahui, PPATK menemukan uang hasil kejahatan lingkungan atau Green Financial Crime mengalir ke anggota partai politik, untuk mendanai...
Dok. DPP Partai NasDem

Pakar: Peluang NasDem untuk Berkoalisi Terbuka Lebar

👤Sri Utami 🕔Minggu 29 Januari 2023, 18:07 WIB
Dengan posisi Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung dalam Pemilu 2024, membuat posisi tawar Partai NasDem semakin...
MI/ Moh Irfan

KPU Imbau Peserta Pemilu 2024 Tak Gunakan Dana Kampanye Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:06 WIB
KPU mengimbau peserta Pemilu 2024 untuk tak gunakan dana kampanye ilegal. Komisioner KPU RI Idham Holik mengemukakan akan ada sanksi pidana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya