Selasa 07 Desember 2021, 15:55 WIB

Setjen DPR RI Raih Anugerah Meritokrasi 2021 Kategori 'Baik'

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Setjen DPR RI Raih Anugerah Meritokrasi 2021 Kategori

Dok DPR RI

 

BERTEMPAT di Hotel Westin Surabaya, pada hari ini, Selasa 7 Desember 2021, Inspektur Utama Setyanta Nugraha mewakili Sekjen DPR-RI menerima Anugerah Meritokrasi Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan kategori 'BAIK'.

Sistem merit adalah merupakan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan kualifikasi, kompetensi, serta kinerja secara adil dan wajar, tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal-usul, jenis kelamin, dan kondisi kecacatan guna mewujudkan ASN yang profesional, berintegritas, netral, dan berkinerja tinggi.

Penerapan sistem merit sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam implementasinya mewajibkan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) melalui seleksi terbuka, dan instansi pemerintah harus menerapkan prinsip-prinsip merit dalam manajemen ASN. Kebijakan tersebut hanya dikecualikan bagi instansi yang sudah menerapkan sistem merit.

Selaras dengan amanat tersebut, beberapa progres dan perubahan telah dilaksanakan untuk terwujudnya sistem merit di Sekretariat Jenderal DPR-RI. Hal ini ditandai dengan telah ditetapkannya Peraturan Sekjen Nomor 21 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Jabatan di lingkungan Setjen DPR-RI di mana setiap jabatan telah memiliki standar kompetensi tertentu.

Di samping itu juga telah dilaksanakan assesment untuk memetakan kompetensi dan kualifikasi para ASN di Seketariat Jenderal DPR-RI. Bahkan telah juga dilakukan Test EPTIGO (English Proficiency Test For Indonesian Government Officials). Yaitu uji untuk tes kemampuan bahasa Inggris yang berkaitan dengan  tugas sehari-harinya.

“Kita bersyukur dengan capaian ini, dan sebagai pelecut untuk terus meningkatkan apa yang sudah dilakukan selama ini, terutama tata kelola jajaran SDMA dengan upaya-upaya yang sistematis, mengikuti prosedur, standar, kriteria yang selama ini sudah dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, KASN maupun Badan Kepegawaian Negara (BKN)," kata Inspektur Utama Setyanta Nugraha.

Berharap momentum ini dijaga dan ditingkatkan terus agar meritokrasi atau sistem merit di Sekretariat Jenderal DPR-RI betul-betul objektif dan independen sehingga SDM di Sekretariat Jenderal menjadi SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan SDM Parlemen negara lain. (OL-10)

Baca Juga

ANTARA

Kabar Gembira, Angka Kekerasan oleh Negara Turun

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:40 WIB
Tim Pemantauan Kekerasan Negara dan Masyarakat Sipil juga memantau tindak kekerasan yang terjadi di...
ANTARA

Presiden Pastikan Agenda Transformasi Besar Bangsa Berlanjut

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:20 WIB
Pemerintah tengah menjalankan transformasi akbar di tiga bidang yaitu industri hilir, ekonomi hijau dan ekonomi...
MI/ADAM DWI

MK Minta Bedakan Konstitusionalitas dan Implementasi UU Desa

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:10 WIB
Istilah-istilah jabatan perangkat desa tidak dikenal karena masih kurang sosialisasi, bukan berarti melanggar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya