Senin 27 September 2021, 14:00 WIB

DPR Segera Cari Pengganti Azis Syamsuddin

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Segera Cari Pengganti Azis Syamsuddin

MI/Bary Fathahilah
Ilustrasi

 

DPR akan segera mencari pengganti Azis Syamsuddin yang telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil ketua DPR. Azis mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan pimpinan DPR siang ini akan mengadakan Rapat Pimpinan (Rapim) untuk menunjuk pelaksana tugas (PLT) pengganti Azis sebagai wakil ketua DPR.  Mekanisme pergantian Azis dilakukan sesuai UU MD3 dan juga diserahkan kepada Fraksi Partai Golkar selaku partai asal dari Azis Syamsuddin.

"Mekanismenya diatur dalam UU MD3 dan semuanya diserahkan sepenuhnya kepada partai asal yaitu partai golkar nanti melalui fraksi akan mengusulkan kepada pimpjnan DPR mengenai penggantinya dan kemudian akan diproses melalui rapim bamus dan paripurna," ungkap Sufmi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/9).

Baca juga : KPK Diharap Ungkap Semua Dugaan Rasuah Azis Syamsuddin

Sufmi menjelaskan bahwa DPR menghargai penuh proses hukum yang dilakukan KPK. Dirinya juga menegaskan bahwa kasus yang menimpa Azis tidak akan menganggu kinerja DPR lantaran jabatan pimpinan DPR yang bersifat kolektif kolegial. DPR juga tidam memberikan tenggat waktu kapan PLT Azis harus terpilih.

"Tenggat waktu tidak da. Mangkanya dalam mekanisme yang ada di pimpinan karena tidak ada tenggat waktu sehingga kita membuat kontigensi planya menberikan PLT kepada salah satu pimpinan DPR untuk menjalankan tugasnya. Karena kalau tidak, bisa ada tugas yang terbengkalai," tegasnya.

Sebelum menentukan PLT, Sufmi menegaskan bahwa DPR hingga saat ini masih menunggu surat penunjukan nama dari Partai Golkar. Hingga saat ini surat yang dimaksud belum tiba di meja pimpinan.

"Biarkanlah itu berproses sesuai dengan mekanisme yang ada di Partai Golkar kita yang di DPR tinggal menunggu hasil dari mekanisme internal partai Golkar," tegasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Arya Manggala

PDI-P Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:17 WIB
DPP PDI Perjuangan belum memikirkan nama pengganti untuk menjadi calon pengganti Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada...
MI/Susanto

Mahfud MD: Presiden Kantongi Nama Untuk Jabatan Menpan RB

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:12 WIB
Mahfud MD, yang kini menjabat sebagai Menpan RB ad interim, berpendapat bahwa Presiden memiliki perangkat penilaian lengkap untuk memilih...
Antara

Airlangga: Belum Ada Pembahasan Menteri PAN-RB

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:09 WIB
Pemerintah masih dalam suasana berduka dan masih menunggu waktu yang tepat untuk mulai mendiskusikan hal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya