Selasa 14 September 2021, 15:21 WIB

KPK Siap Beberkan Semua Bukti Suap Stepanus Robin

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
KPK Siap Beberkan Semua Bukti Suap Stepanus Robin

Antara
Mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju saat menuju mobil tahanan seusai pemeriksaan.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji membeberkan dan mendalami lebih lanjut daftar nama yang disebut dalam dakwaan eks penyidik Stepanus Robin Pattuju. 

Lembaga antirasuah juga bakal mengungkap semua bukti pemberian duit dari sejumlah nama yang disebut dalam dakwaan, termasuk Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin.

"Semua alat bukti dan hasil pemeriksaan selama penyidikan akan diperlihatkan dan kembali dikonfirmasi kepada para saksi. Termasuk dugaan keterlibatan beberapa pihak yang disebutkan dalam surat dakwaan, juga akan didalami lebih lanjut oleh jaksa KPK," jelas Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (14/9).

Baca juga: Stepanus Robin Minta Maaf ke KPK dan Polri

Pembacaan surat dakwaan Robin berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin (13/9) kemarin. Ali menyebut mengatakan dakwaan disusun berdasarkan hasil proses penyidikan KPK.

Dalam dakwaan, Robin disebut menerima suap dari banyak pihak. Terdapat nama Wali Kota Tanjungbalai yang disebut memberi uang Rp1,69 miliar. Nama lain adalah Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado, yang masing-masing disebut memberi Rp3 miliar dan US$36.000.

Baca juga: MKD Diminta Segera Tindaklanjuti Dugaan Etik Azis Syamsuddin

Wali Kota Cimahi Ajay Muhamad Priatna juga disebut memberi Rp507 juta. Kemudian, eks Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari juga disebut memberi uang Rp5,19 miliar. Lalu, seorang bernama Usman Effendi disebut memberi Rp525 juta.

Ali menerangkan bahwa rangkaian penerimaan uang yang didakwakan terhadap Robin, akan dibeberkan dalam persidangan. KPK berjanji untuk membuktikan semua dugaan penerimaan suap di hadapan majelis hakim.

"Mengenai materi perkara, tentu tidak bisa kami sampaikan saat ini. Semua fakta-fakta rangkaian perbuatan para terdakwa sebagaimana hasil penyidikan, kami pastikan akan dibuktikan oleh jaksa di persidangan," pungkas Ali.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/Try Subarkah

Ini Tangapan Kejagung Soal Raden Priyono dalam Kasus Alex Noerdin

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 17 September 2021, 14:23 WIB
Leonard menjelaskan pada 2010 Kepala BP Migas atas permintaan Alex menunjuk PDPDE Sumsel sebagai pembeli gas bumi bagian negara sebesar 15...
ANTARA/HO-Kedubes Inggris

Prabowo Teken Kerjasama Pembuatan Kapal Perang dengan Inggris

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 17 September 2021, 14:16 WIB
Penandatanganan perjanjian itu disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris Ben...
MI/PIUS ERLANGGA

Kasus Pelecehan, Komnas HAM akan Panggil Ulang KPI dan Polres Jakpus

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 17 September 2021, 13:50 WIB
Komnas HAM menyatakan akan kembali memanggil ulang pimpinan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Polres Jakarta Pusat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya