Senin 05 Juli 2021, 07:05 WIB

PPKM Darurat Tak Halangi Sidang Tipikor

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
PPKM Darurat Tak Halangi Sidang Tipikor

MI/Romi
Pengadilan Tipikor Jakarta tetap menggelar sidang meski ada PPKM darurat Jawa-Bali hingga 20 Juli mendatang.

 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang dilaksanakan sejak Sabtu (3/7) sampai Selasa (20/7) tidak menyurutkan pengadilan untuk menggelar sidang perkara tindak pidana korupsi. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tempat dilaksanakannya Pengadilan Tipikor Jakarta, tetap melangsungkan sidang yang digelar secara luar jaringan (luring).

Humas PN Jakarta Pusat Bambang Nurcahyono mengatakan pihaknya belum mendapat arahan untuk menggelar sidang secara dalam jaringan (daring). Ini disebabkan karena lingkungan pengadilan masih menunggu arahan lebih lanjut dari Mahkamah Agung (MA).

"Jadi kami hakim Senin pagi masih akan ke kantor, hanya dibatasi 25% saja yang hadir," kata Bambang melalui keterangan tertulis kepada Media Indonesia, Senin (5/7).

Ia menjelaskan sidang yang diprioritaskan untuk digelar adalah perkara pidana dengan masa penahanan terdakwa yang tidak bisa diperpanjang lagi. Adapun tujuannya adalah menghindari terdakwa bisa lepas demi hukum jika persidangannya ditunda.

"Tinggal kami koordinasi dengan jaksa penuntut umum dan penasihat hukumnya," tandas Bambang.

Hari ini, Pengadilan Tipikor Jakarta rencananya akan menggelar sidang perkara korupsi bantuan sosial (bansos) sembako covid-19 dengan terdakwa mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Adapun agenda persidangannya adalah pemeriksaan ahli.

Dalam perkara itu, Juliari diduga menerima suap sebesar Rp32,482 miliar dari fee yang dikutip ke para vendor bansos. Adapun pengumpulan fee dilakukan oleh dua anak buah Juliari, yakni Matheus Joko Santoso serta Adi Wahyono. Keduanya turut menjadi terdakwa di kasus itu. (OL-13)

Baca Juga: Satgas TNI Bersama Warga Renovasi Gereja di Perbatasan RI-PNG

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PDIP: Buya Syafii Selalu Gaungkan Ideologi Harapan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:42 WIB
Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian cendekiawan muslim itu. Puan juga mengaku hubungan mereka sangat dekat dan sudah seperti...
Dok MI

Ahok: Buya Syafii Maarif Teladan Merawat Kebinekaan

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:24 WIB
Ahok dan Buya Syafii memang cukup dekat. Bahkan Buya Syafii pernah membela Ahok yang tersandung kasus penistaan...
Antara

Mengaku Kerap Diintimidasi, Gubernur Papua Minta Perhatian dari Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:13 WIB
Menurut Lukas Enembe, dirinya merupakan satu-satunya dari 34 gubernur di Indonesia yang kerap mendapat perlakuan tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya