Senin 03 Mei 2021, 16:02 WIB

Polri belum Izinkan Keluarga dan Kuasa Hukum Jenguk Munarman

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Polri belum Izinkan Keluarga dan Kuasa Hukum Jenguk Munarman

Antara/M Risyal Hidayat.
Keterangan pers terkait penangkapan oleh Tim Densus 88 Antiteror terhadap terduga teroris mantan Sekretaris Umum FPI Munarman.

 

POLRI hingga saat ini belum mengizinkan kuasa hukum dan keluarga eks sekretaris umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menjenguk ke Polda Metro Jaya, Jakarta. Diketahui, Munarman nyaris sepekan meringkuk di Polda Metro Jaya setelah ditangkap tim Densus 88 Antiteror Polri di kediamannya di Pamulang, Tangerang Selatan, pada Selasa (27/4).

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono mengemukakan bahwa tidak diizinkan pihak kuasa hukum dan keluarga untuk menjenguk merupakan hak penyidik. "Karena kan tentu itu hak dari penyidik. Ketika masih belum harus didatangi oleh penasihat hukum itu menjadi bagian daripada penyidik untuk kepentingan penyidikan," ucap Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/5).

Tak hanya itu, lanjut Rusdi, pihaknya masih belum menerbitkan surat penahanan terhadap Munarman. Pengacara Muhammad Rizieq Shihab itu masih berstatus tersangka yang ditangkap.

"Tahapannya masih penangkapan. Tentu ke depan itu nanti akan didampingi oleh kuasa hukum," terangnya.

Saat ini, Rusdi menyebut pihaknya masih terus mendalami keterlibatan Munarman dalam dugaan tindak pidana terorisme di tiga lokasi di Indonesia. "Sudah dikatakan dari awal kasus pembaiatan yang ada di Jakarta, Makassar, dan Medan. Sekarang sedang didalami. Masalahnya seperti itu," pungkasnya.

Sebelumnya, Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, menuturkan bahwa Munarman ditangkap lantaran mengikuti baiat di tiga kota.  "Jadi terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta kemudian juga kasus baiat di Makassar dan baiat di Medan," papar Ahmad di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (27/4).

Adapun Munarman usai ditangkap Densus 88 langsung diboyong ke Polda Metro Jaya. "Yang bersangkutan saat ini akan dibawa ke Polda Metro Jaya dilakukan pemeriksaan. Saat ini tim Densus sedang melakukan penggeledahan di sekitar Petamburan," ungkap Ahmad di Mabes Polri, Jakarta. (OL-14)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Ngabalin: Busyro Fitnah Presiden, Mundur Saja dari Muhammadiyah

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 14 Mei 2021, 19:25 WIB
Dalam akun Instagramnya, Ngabalin juga mendesak Busyro untuk mundur dari jabatan Ketua PP Muhammadiyah, karena mencederai...
Antara

Mahfud MD Pastikan Lebaran Berjalan Aman

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 14 Mei 2021, 19:06 WIB
Hal itu disampaikan Mahfud seusai mendengar laporan dari perwakilan petugas lapangan di sejumlah wilayah, dalam halalbihalal secara virtual...
Antara

DPR Sebut KPK tidak Bisa Asal Pecat Pegawai

👤Putra Ananda 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:14 WIB
Komisi III DPR RI akan menggelar rapat dengar pendapat dengan pimpinan KPK, untuk memperjelas status 75 pegawai yang gagal tes...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya