Jumat 30 April 2021, 16:48 WIB

Soal Munarman, Polri Sebut Barbuk Cairan Bahan Baku Bom Molotov

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Soal Munarman, Polri Sebut Barbuk Cairan Bahan Baku Bom Molotov

DOK Polri.
Munarman.

 

TIM Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri telah melakukan identifikasi atau memeriksa terkait serbuk dan cairan asli dari penggeledahan di bekas Sekretariat Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Petamburan III, Petamburan, Jakarta Pusat pada Selasa (27/4) malam.

Kabag Penum Kombes Ahmad Ramadhan menuturkan bahwa barang kimia yang ditemukan tersebut ialah bahan kimia yang berpotensi digunakan sebagai bahan baku pembuatan bahan peledak TATP. TATP ialah bahan peledak yang belakangan sering dipakai kelompok teror di Timur Tengah.

"Yang kedua, bahan kimia yang mudah terbakar dan rentan digunakan sebagai bahan pembuatan bom molotov. Dan yang ketiga bahan kimia yang merupakan bahan baku peledak TNT," ujar Ahmad.

 

Namun, Ahmad tak menjelaskan lebih detail soal barang bukti yang diamankan Densus 88. Pasalnya, Ahmad tak ingin barbuk tersebut menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat umum jika dijelaskan secara rinci.

Ahmad menjelaskan bahwa pernyataan kuasa hukum Munarman yang mengatakan bahan-bahan tersebut sebagai cairan pembersih toilet adalah salah. Ahmad menjelasjan bahwa tak semua bahan yang ditemukan ialah merupakan bahan pembersih.

"Pada saat ditemukan, di antaranya ada pembersih toilet. Jadi bukan semua barang tersebut pembersih toilet. Dipelesetkan bahwa yang ditemukan Densus adalah pembersih toilet," paparnya.

Sebelumnya, Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, menuturkan bahwa Munarman ditangkap lantaran mengikuti baiat di tiga kota. "Jadi terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta kemudian juga kasus baiat di Makassar dan ikuti baiat di Medan," papar Ahmad di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (27/4).

Adapun Munarman usai ditangkap Densus 88 langsung diboyong ke Polda Metro Jaya. "Yang bersangkutan saat ini akan dibawa ke Polda Metro Jaya dilakukan pemerikssan saat ini tim Densus sedang lakukan penggeledahan di sekitar Petamburan," ungkap Ahmad di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (27/4). (OL-14)

Baca Juga

MI/Susanto

Ini Kesaksian yang Menguatkan Kasus Pelecehan Putri Candrawathi Layak Disetop

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:38 WIB
"Semua saksi kejadian menyatakan almarhum Brigadir J tidak berada di dalam rumah, tapi di taman pekarangan depan rumah. Almarhum J...
Dok MI

Bertambah, 16 Anggota Polisi Ditahan Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:34 WIB
Sebelumnya, terdapat 12 anggota polisi yang ditahan. Kini bertambah empat berdasarkan hasil riksa dan giat yang dilakukan...
Ist

IPW Harapkan Semua yang Terlibat dan Menghalangi Kasus Brigadir J Diperiksa

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 10:01 WIB
Ketua Indonesia Police Watch ( IPW) Sugeng Teguh Santoso berharap, Tim Khusus atau Timsus Polri dapat memeriksa semua pihak yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya