Selasa 23 Maret 2021, 23:51 WIB

KPK Sita Rp3 Miliar dari Eks Caleg Gerindra

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
KPK Sita Rp3 Miliar dari Eks Caleg Gerindra

Antara
Ali Fikri

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang senilai Rp3 miliar dari saksi kasus benih lobster yang menjerat Edhy Prabowo. Uang itu disita dari Syammy Dusman yang merupakan Direktur Utama PT Gardatama Nusantara. Dia juga tercatat pernah menjadi caleg Partai Gerindra.

"Kepada yang bersangkutan dilakukan penyitaan sejumlah uang yang diduga terkait dengan perkara," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (23/3).

KPK belakangan terus melakukan penyitaan dalam kasus itu. Sebelumnya, komisi antirasuah menyita duit Rp52,3 miliar dari Bank BNI Cabang Gambir, Jakarta.

 

Uang itu diduga berasal dari eksportir benih lobster yang disimpan sebagai bank garansi. KPK menyebut penarikan setoran duit jaminan dari eksportir itu berdasarkan perintah dari Edhy Prabowo dan tak memiliki dasar hukum.

 

KPK menetapkan tujuh tersangka dalam kasus itu yakni eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, dua staf khusus yakni Safri dan Andreau Misanta Pribadi, staf istri Menteri KKP Ainul Faqih, pengurus PT Aero Citra Kargo Siswadi, Direktur PT Dua Putra Perkasa Suharjito, dan sekretaris pribadi Edhy, Amiril Mukminin.

 

KPK menduga Edhy menerima Rp3,4 miliar dan US$100 ribu (setara US$1,4 miliar). Senilai US$100 ribu itu diduga dari Direktur PT Dua Putra Perkasa Suharjito pada Mei 2020. Adapun duit Rp3,4 miliar diduga berasal dari Ahmad Bahtiar selaku pemilik PT Aero ditransfer ke rekening staf istri Edhy. (OL-8)

Baca Juga

Instagram Rachel Vennya

Rachel Vennya Dicecar 35 Pertanyaan di Polda Metro Jaya

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 02:08 WIB
Kuasa hukum mengatakan materi pemeriksaannya oleh penyidik masih seputar kronologi kasus yang menjerat...
MI/ M Irfan

Ini Catatan MAKI Atas Kinerja Kejagung Kalah Moncer dari Polri

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:06 WIB
Citra positif ejaksaan (71 persen), MA dan MK (73 persen), tetapi lebih rendah dari citra positif Polri (77...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Korupsi Perum Perindo Terkait Transaksi Fiktif Rp149 Miliar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 20:45 WIB
Menurut Leonard, penetapan tersangka ini dilakukan setelah jaksa penyidik memeriksa tujuh orang saksi. Namun hanya dihadiri oleh empat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya