Jumat 26 Februari 2021, 19:30 WIB

Ini 9 Pesan Kunci Pendiri Demokrat untuk AHY

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ini 9 Pesan Kunci Pendiri Demokrat untuk AHY

Antara
Ketua Umum Partai Demokrat AHY

 

SENIOR sekaligus pendiri partai Demokrat HM Darmizal MS mengirimkan pesan elektronik yang ditujukan kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam pesan itu, ada sembilan pesan kunci dari Darmizal untuk AHY agar partai Demokrat mendulang kesuksesan. Berikut ini, 9 pesan kunci tersebut:

1. Belajarlah mengenal sejarah, menghormati dan menghargai dengan tulus para pendiri dan senior yang telah mengawali sebelum ananda mas AHY datang. Dengan demikian, mas AHY punya pijakan untuk semakin paham melangkah dan berkarir di partai.

2. Belajarlah untuk menerima perbedaan sebagai karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena perbedaan adalah kekuatan paling mendasar milik organisasi. "Bersilang kayu dipembakaran maka api dapat menyala rata".

3. Belajarlah berlapang dada dan bersabar, tidak grasa grusu. Agar tidak mengklarifikasi atau meralat berbagai pesan atau bahkan tuduhan yang sudah dilontarkan.

4. Belajarlah menjadi pemimpin egaliter yang inklusif, mudah bergaul dengan siapa saja, tanpa pandang status sosial mereka. Partai membutuhkan banyak orang dan suara karena setiap orang hanya punya satu suara. One Man One Vote.

5. Belajarlah menjadi orang yang pandai menerima saran dari siapa saja, atasan ataupun bawahan. Setiap saran baik pasti ada manfaatnya baik pula.

6. Belajarlah selalu siap dalam setiap kompetisi yang sehat. Karena hanya pemenang yang lahir dari satu kompetisi disebut sebagai juara. Pemenang bukan dari kompetisi, disebut penerima hadiah. Ananda mas AHY jangan sampai disebut demikian, karena stigma penerima hadiah tidak baik dalam tatanan politik dan dimata publik.

7. Belajarlah melihat dan mengetahui lingkungan, memberi jalan seluasnya kepada pihak lain untuk mengoreksi ananda mas AHY dengan cara mereka, asalkan sesuai dengan aturan, norma dan tatanan budaya luhur bangsa kita. Karena mereka tidak mencaci, memaki apalagi bertindak anarkis.

8. Belajarlah menerima kekalahan dan kemenangan sebagai hal yang wajar dalam satu kompetisi. Ini adalah satu pelajaran yang sangat berharga dalam karir politik ananda mas AHY. Karena tidak semua pemimpin mengalaminya ujian demikian. Kongres Luar Biasa (KLB) adalah pelajaran yang sangat mahal harganya.

Jika lulus menghadapi kompetisi, maka ananda mas AHY akan menjadi tokoh yang dihargai dan terpandang dalam blantika politik nasional. Kelak, kamu ananda mas AHY akan menjadi orang yang handal dan disegani.

9. Terakhir, belajarlah menerima kenyataan bahwa KLB Partai Demokrat yang sedang bergulir deras tanpa dapat dihalangi adalah kenyataan. Mari kita sambut KLB sebagai pesta demokrasi seluruh kader Partai Demokrat. Biarkan Ketua DPD dan DPC menjalaninya dengan penuh kegembiraan sekaligus memantapkan diri dalam ber- "Kongres" yang baik dan benar.

"Keterbukaan ananda mas AHY, pasti sangat berdampak positif dan penuh manfaat.
Pertama, membuat Kongres Maret 2020 yang cacat menjadi sah. Kedua, kader pemilik hak bicara dan hak suara memanfaatkan KLB sebagai ajang konsolidasi aktual yang argumentatif," tulis Darmizal.

Ketiga dan terpenting. Pada KLB, ananda mas AHY bisa kalah dan bisa juga menang. Jika kalah, ananda mas AHY harus minggir dulu, dan memberi jalan bagi pemenang untuk memimpin, membesarkan kembali Partai Demokrat yang kita cintai dan banggakan bersama.

"Jika ananda mas AHY dapat membuktikan diri sebagai ksatria sejati dan menang, maka inilah moment terbaik untuk upgrading popularitas dan elektabilitas ananda mas AHY dan Partai Demokrat," psannya. (OL-13)

Baca Juga: Pendiri: Prihatin Partai Demokrat di bawah AHY Melempem

Baca Juga

DOK NasDem.

NasDem: UU IKN Tampilkan Karakter Hukum Progresif

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 15:15 WIB
Pada Pasal 8 UU IKN bahwa penyelenggara pemerintahan daerah khusus IKN Nusantara ialah Otorita IKN Nusantara yang beroperasi paling lambat...
Ist/DPR

Fraksi Gerindra Perjuangkan Jakarta Jadi Pusat Keuangan, Bisnis, dan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 14:08 WIB
Pemerintah harus memikirkan Jakarta sebagai daerah khusus ekonomi, bisnis, dan keuangan serta sejarah setelah UU Pemindahan (IKN) Ibu Kota...
DOK MI.

Buron Korupsi Bank Mandiri Ditangkap Kejagung

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 14:04 WIB
Melalui program Tabur, Leonard mengimbau seluruh DPO Kejaksaan untuk segera menyerahkan diri dan mempertanggung-jawabkan perbuatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya