Selasa 16 Februari 2021, 03:15 WIB

Jokowi: Penegakan UU ITE Harus Jamin Rasa Keadilan

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Jokowi: Penegakan UU ITE Harus Jamin Rasa Keadilan

DOK MI
UU ITE

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta Kapolri untuk meningkatkan pengawasan agar implementasi terhadap penegakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dapat berjalan secara konsisten, akuntabel, dan menjamin rasa keadilan di masyarakat. Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan TNI dan Polri 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2).

"Negara kita adalah negara hukum yang harus menjalankan hukum yang seadil-adilnya, melindungi kepentingan yang lebih luas, dan sekaligus menjamin rasa keadilan masyarakat," ucap Presiden.

Presiden mengatakan, UU ITE memiliki semangat awal untuk menjaga agar ruang digital Indonesia berada dalam kondisi bersih, sehat, beretika, dan produktif. Namun, implementasi terhadap undang-undang tersebut jangan sampai menimbulkan rasa ketidakadilan.

Kepala Negara menyoroti belakangan ini banyak masyarakat yang saling membuat laporan dengan menjadikan UU ITE sebagai salah satu rujukan hukumnya. Hal ini sering kali menjadikan proses hukum dianggap kurang memenuhi rasa keadilan. Jokowi meminta Kapolri beserta seluruh jajarannya untuk lebih selektif dalam menyikapi dan menerima pelaporan terkait UU ITE.

"Pasal-pasal yang bisa menimbulkan multitafsir harus diterjemahkan secara hati-hati. Buat pedoman interpretasi resmi terhadap pasal-pasal Undang-Undang ITE biar jelas," kata Presiden.

Jokowi menyatakan apabila keberadaan undang-undang tersebut dirasakan belum memberikan rasa keadilan, ia menegaskan akan meminta kepada DPR untuk bersama-sama merevisi UU ITE. Khususnya pada pasal-pasal yang kerap dinilai mengandung multitafsir.

"Kalau Undang-Undang ITE tidak bisa memberikan rasa keadilan, saya akan minta kepada DPR untuk bersama-sama merevisi Undang-Undang ITE ini karena di sinilah hulunya. Terutama menghapus pasal-pasal karet yang penafsirannya bisa berbeda-beda yang mudah diinterpretasikan secara sepihak," ucapnya. (OL-15)

Baca Juga

Instagram @erickthohir

Prabowo-Erick Thohir Dinilai Punya Chemistry Kuat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:17 WIB
Pasalnya, Prabowo dan Erick dinilai bisa saling mengisi dan mempunyai rekam jejak...
ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Polisi Bakal Periksa Direktur LIB Terkait Tragedi Kanjuruhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:05 WIB
Dedi juga mengatakan bahwa Labfor Polri masih lakukan pemeriksaan terhadap 32 titik CCTV di sekitar stadion Kanjuruhan dan beberapa lokasi...
MI/Ramdani

Ini Alasan Surya Paloh Pilih Anies Sebagai Capres dari NasDem

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 03 Oktober 2022, 11:20 WIB
KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya