Senin 25 Januari 2021, 15:29 WIB

Politikus Hanura Dilaporkan Terkait Rasisme kepada Natalius Pigai

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Politikus Hanura Dilaporkan Terkait Rasisme kepada Natalius Pigai

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Mural menolak rasisme

 

KOMITE Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat melaporkan politikus partai Hanura Ambroncius Nababan ke Polda Papua Barat terkait dugaan ujaran rasial terhadap mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi membenarkan laporan yang dibuat oleh Ketua KNPI Pronvisi Papua Barat, Sius Dowansiba itu. Laporan itu terdaftar dalam nomor :/LP/17/I/2021/Papua Barat.

"Ini dibuat pada Senin (25/01) sekitar pukul 13.46 WIT di SPKT Polda Papua Barat," kata Adam melalui keterangan resmi, Senin (25/1).

Adam mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti laporan itu dan langsung dikoordinasikan dengan Direktorat Kriminal Khusus Polda Papua Barat. Setelah itu pihak kepolisian bakal melanjutkan kasus tersebut kepada tim unit siber Bareskrim Polri.

Ia meminta masyarakat tidak terprovokasi dan menyerahkan kasus itu ke pihak kepolisian.

"Seluruh masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab dan menyerahkan sepenuhnya perkara ini ditangani oleh pihak berwajib," ucapnya.

Baca juga: Polisi Didesak Tindak Aksi Rasisme Terhadap Natalius Pigai

Adam mengatakan saat melayangkan laporan, KNPI mengecam keras sikap rasial yang dilakukan oleh terlapor. Ia mengatakan KNPI meminta agar kepolisian mengusut kasus tersebut secepat mungkin.

"Memberi tenggang waktu sekitar 2 pekan terhitung dari tanggal pembuatan LP dan mengajak seluruh elemen pemuda di Papua Barat agar mengawal kasus ini hingga tuntas," ujarnya.

Sebelumnya, mantan komisioner Komnas HAM itu mengunggah foto tangkapan layar berisi ujaran rasial di akun Facebook Ambroncius Nababan. Di dalam tangkapan layar itu terdapat foto Natalius disandingkan dengan foto gorila disertai komentar terkait vaksin.

"Edodoeee pace. Vaksin ko bukan sinovac pace tapi ko pu sodara bilang vaksin rabies," tulis akun Ambroncius Nababan dalam foto yang diunggah akun Twitter @NataliusPigai2, Minggu (24/1). (OL-4)

Baca Juga

Polkam.go.id

Tim Kajian UU ITE Undang Aktivis dan Pegiat Medsos

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 09 Maret 2021, 17:48 WIB
Berbagai masukan diterima, salah satunya menekankan pentingnya edukasi terhadap pengguna ruang...
Antara/Wahyu Putro A.

Presiden Terima Rombongan Amien Rais Bahas Laporan Komnas HAM

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Maret 2021, 17:47 WIB
Pemerintah juga menyatakan sikap keterbukaannya bila terdapat bukti-bukti lain terhadap peristiwa...
Antara

Warganet Suarakan Upaya Penyelamatan Demokrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Maret 2021, 16:46 WIB
WARGANET menyuarakan upaya penyelamatan demokrasi. Hal itu diekspresikan dalam jajak pendapat yang dilakukan akun Twitter...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya