Selasa 05 Januari 2021, 08:36 WIB

Awal Tahun, Kejaksaan Agung Tangkap Koruptor Buron

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Awal Tahun, Kejaksaan Agung Tangkap Koruptor Buron

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi

 

TIM Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung bersama Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan melakukan pengamanan terhadap terpidana tindak pidana korupsi yang telah buron hampir dua tahun. Penangkapan buronanan atas nama Lisa Lukitawati, 50, menjadi yang pertama di tahun ini.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Lisa ditangkap pada Senin (4/1) kemarin di Sektor 1, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan. Ia menjelaskan bahwa Lisa menjadi buronan Kejati Sulawesi Selatan setelah divonis berdasarkan putusan Mahkamah Agung No. 1337 K/Pid.Sus/2019 Tanggal 29 Juli 2019.

"Dalam kasus tindak pidana korupsi pengadaan peralatan laboratorium pendidikan pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar Tahun Anggaran 2012," kata Leonard melalui keterangan tertulis, Selasa (5/1).

Akibat perbuatannya, Lisa telah mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp22,4 miliar. Ia diputus oleh majelis hakim dengan hukuman pidana penjara selama tujuh tahun. Lisa juga harus membayar denda Rp200 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti pidana kurungan enam bulan.

baca juga: Tim Kejagung Tangkap Buronan Sindikat Narkoba

Selain itu, lanjut Leonard, majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan kepada Lisa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp8,9 miliar. Setidaknya, pihak jaksa eksekutor telah melakukan pemanggilan secara patut sebanyak tiga kali terhadap Lisa guna melaksanakan ekekusi putusan MA yang telah inkracht (berkekuatan hukum tetap). Namun, panggilan tersebut diabaikan oleh Lisa.

Leonard menyebut saat ini Lisa telah dititipkan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Selanjutnya, Lisa akan diterbangkan ke Kejati Selawesi Selatan untuk pelaksanaan eksekusi. Sebelumnya dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Kejagung yang dihelat Desember lalu, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyebut sebanyak 146 buronan berhasil ditangkap melalui program Tabur selama 2020. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Pendukung UAS Demo di Kedubes Singapura Hari Ini

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:07 WIB
Demo tersebut dilakukan sebagai respon atas sikap Singapura yang menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) beberapa waktu...
MI/Amir

Eurico Guterres dan Kepala BPN Sofyan Djalil Bahas Relokasi Eks Warga Timtim

👤Amiruddin Abdullah Reube 🕔Jumat 20 Mei 2022, 08:40 WIB
TOKOH masyarakat eks Tim tim yang berdomisili di NTT, Eurico Guterres bertemu dengan Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil membahas...
MI/Moch Irfan

Kejagung: Belum Ditemukan Aliran Dana ke Parpol dalam Skandal CPO

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 20 Mei 2022, 08:06 WIB
DIREKTUR Penyidikan JAM-Pidsus Kejaksaan Agung Supardi menegaskan pihaknya belum menemukan aliran uang ke partai politik (parpol) terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya