Senin 21 Desember 2020, 20:55 WIB

KPK Akan Lakukan Pengawasan dan Pendampingan Vaksinasi Covid-19

FACHRI AUDHIA HAFIEZ | Politik dan Hukum
KPK Akan Lakukan Pengawasan dan Pendampingan Vaksinasi Covid-19

Antara
Vaksin covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memantau program vaksinasi Covid-19. Lembaga Antikorupsi akan melakukan pendampingan hingga program bergulir.

"KPK akan melakukan pendampingan mulai dari perumusan kebijakan sampai ke pelaksanaan, itu yang akan kami lakukan," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, hari ini.

Menurut dia, KPK akan mendampingi sasaran vaksin yang akan diberikan secara cuma-cuma alias gratis tersebut. Prioritas penerima vaksin hingga vendor pengadaan akan dipelototi.

"Bagaimana vendor yang akan melaksanakan pengadaan maupun sampai injeksi kepada *masyarakat (didampingi)*," ujar dia.

Baca juga: BPOM Komitmen Dukung Obat Herbal Menjadi Fitofarmaka

Sejak Maret 2020, lanjut Ghufron, KPK telah menerjunkan 10 tim di Satuan Tugas (Satgas) covid-19 untuk mencegah tindak pidana korupsi dalam setiap program penanggulangan pandemi itu. Ia berharap, tidak ada unsur kerugian negara ketika program vaksin ini berjalan.

"Bagaimana kemudian vaksin ini efektif menyembuhkan covid-19 tapi juga efisien. Tidak kemudian menimbulkan kerugian-kerugian negara," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah Indonesia bakal menggratiskan vaksin covid-19. Keputusan diambil setelah mendengar masukan dari berbagai pihak.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis," tegas Jokowi.

Jokowi memerintahkan Kementerian Keuangan merealokasi anggaran untuk vaksinasi 2021. Seluruh kementerian, lembaga, dan kepala daerah juga diminta memprioritaskan anggaran untuk vaksinasi. (medcom.id/OL-4)

Baca Juga

Dok MI

Jokowi Harus Perkuat Daya Tawar untuk Jadi King Maker 2024

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:45 WIB
Jokowi bisa menjadi king maker untuk menjawab kekhawatiran masyarakat akan kelanjutan beberapa program...
Antara

36 Partai Politik Sudah Terdaftar di Sipol KPU

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:45 WIB
Data calon peserta Pemilu 2024 yang terekam dalam Sipol KPU, mencakup 31 partai nasional dan 5 partai lokal. Sejumlah partai pun...
Antara

KPU Mau Tampilkan Infografis Sipol Khusus untuk Publik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:09 WIB
Infografis dalam Sipol mencakup informasi partai politik yang akan bertarung dalam Pemilu 2024. KPU menyatakan bahwa informasi itu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya