Minggu 29 November 2020, 10:06 WIB

Pemerintah Tetapkan 9 Desember Sebagai Libur Nasional

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Pemerintah Tetapkan 9 Desember Sebagai Libur Nasional

Ilustrasi
Pilkada 2020

 


PEMERINTAH menetapkan 9 Desember 2020 sebagai libur nasional. Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No.22 Tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota serta Wakil Walikota sebagai Hari Libur Nasional. Keppres tersebut ditandantangani oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (27/11).

"Menetapkan 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2O2O sebagai Hari Libur Nasional serentak. Keputusan presiden ini berlaku pada tanggal ditetapkan," demikian petikan Keppres tersebut dikutip, Minggu (29/11).

Adapun pertimbangannya, huruf a pada Keppres tersebut yakni penetapan hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2O2O serentak di beberapa provinsi dan kabupaten, dilaksanakan guna memberi kesempatan seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya.

baca juga: Pergantian Petugas KPPS Dinilai Reaktif

Sebelumnya ada kekhawatiran apabila pemungutan suara yang akan berlangsung, Rabu, 9 Desember 2020, tidak dijadikan hari libur nasional berpotensi dapat menurunkan partisipasi pemilih. Pengamat Komunikasi Politik sekaligus Dosen di Universitas Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto sempat mengatakan pemilu, dan penyelenggara harus mendorong pemilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) Meskipun diakuinya situasi pandemi dapat membuat orang tidak nyaman datang ke TPS. Selain itu, pemerintah dan penyelenggara pemilu harus mempertimbangkan bahwa 9 Desember 2020  merupakan hari kerja.

"Pasti ada pertimbangan pemerintah menetapkan memilih pada hari kerja. Tapi  sebagian kantong pemilih di Tangerang Selatan bekerja di DKI Jakarta yang kita tidak tahu apakah pilkada dijadikan sebagai hari libur," ujar Gun Gun dalam diskusi beberapa waktu lalu.  (OL-3)

Baca Juga

MI/Rommy Pujianto

KPK Terus Periksa Saksi-Saksi Kasus Korupsi Bansos Juliari

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:43 WIB
Penyidik juga memeriksa Direktur Operasional PT Pertani Lalan Sukmaya. Perusahaan itu merupakan salah satu rekanan yang mendapat proyek...
MI/Susanto

Korupsi Bansos, KPK Panggil Politikus PDIP Ihsan Yunus

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:30 WIB
Politikus PDIP itu dipanggil sebagai mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang merupakan mitra kerja Kementerian...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kuasa Hukum Pinangki Sebut Tuduhan Terima Uang Masih Kabur

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:47 WIB
"Kami katakan kabur karena sampai saat ini tidak dapat dibuktikan di mana dan kapan terdakwa menerima uang yang dituduhkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya