Kamis 23 Juli 2020, 00:35 WIB

Sikap Intoleran Memantik Lahirnya Terorisme

Palce Amalo | Politik dan Hukum
Sikap Intoleran Memantik Lahirnya Terorisme

Medcom.id/Mohammad Rizal
Ilustrasi

 

SIKAP antikeberagaman dan intoleransi akan memantik lahirnya radikalisme dan dan aksi terorisme. Hal tersebut disampaikan Kasi Partisipasi Masyarakat Badan Nasional  Penanggulangan Terorisme (BNPT) Letkol Setyo Pranowo dalam kegiatan 'Literasi Informasi dalam Rangka Pencegahan Terorisme' di Kupang, Rabu (22/7).

Menurutnya, aksi-aksi terorisme masih menjadi ancaman nyata bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu setidaknya tergambar dari hasil survei nasional tentang daya tangkal masyarakat terhadap adikalisme dan terorisme yang dilaksanakan BNPT pada 2017 dan 2018.

Survei tersebut memperlihatkan rerata skor 42,58 dari rentang 0-100, atau masuk dalam ketegori sedang. Selain itu, penggunaan media sosial dalam mencari informasi mengenai agama dengan skor 39,89 atau masuk dalam kategori tinggi dalam internalisasi kearifan lokal termasuk pemahaman agama.

"Salah satu penyebab tingginya potensi radikalisme dan terorisme belakangan ini adalah faktor kemajuan teknologi yang tidak dibarengi dengan literasi bagi masyarakat," jelasnya.

Disrupsi informasi menjadikan masyarakat yang tidak siap menjadi gagap dan kesulitan membedakan informasi benar dan salah. Situasi ini menjadi semakin parah karena budaya latah, masyarakat dengan mudah membagikan informasi yang didapatnya tanpa melakukan penyaringan dan telaah lagi. (R-1)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Pendukung UAS Demo di Kedubes Singapura Hari Ini

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:07 WIB
Demo tersebut dilakukan sebagai respon atas sikap Singapura yang menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) beberapa waktu...
MI/Amir

Eurico Guterres dan Kepala BPN Sofyan Djalil Bahas Relokasi Eks Warga Timtim

👤Amiruddin Abdullah Reube 🕔Jumat 20 Mei 2022, 08:40 WIB
TOKOH masyarakat eks Tim tim yang berdomisili di NTT, Eurico Guterres bertemu dengan Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil membahas...
MI/Moch Irfan

Kejagung: Belum Ditemukan Aliran Dana ke Parpol dalam Skandal CPO

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 20 Mei 2022, 08:06 WIB
DIREKTUR Penyidikan JAM-Pidsus Kejaksaan Agung Supardi menegaskan pihaknya belum menemukan aliran uang ke partai politik (parpol) terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya