Senin 20 Juli 2020, 15:35 WIB

Polisi Benarkan Brigjen Prasetijo Kawal Joko Tjandra ke Pontianak

SITIYONA HUKMANA | Politik dan Hukum
Polisi Benarkan Brigjen Prasetijo Kawal Joko Tjandra ke Pontianak

MI/M Soleh
Djoko Tjandra

 

KARO Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono membenarkan eks Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Karo Korwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo ikut buronan kasus korupsi hak tagih Bank Bali Djoko Soegiarto Tjandra ke ke Pontianak. Prasetyo mengakui itu dalam pemeriksaan awal.

"Iya (benar), untuk pemeriksaan awal kita dapatkan sesuai surat izinnya memang demikian yang bersangkutan membuat surat izin sendiri menuju Pontianak dan info yang kita dapatkan yang bersangkutan langsung dalam satu pesawat dengan Djoko Tjandra," kata Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, hari ini.

Awi mengatakan, Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) akan melakukan pendalaman terkait fakta tersebut. Begitu juga terkait jumlah surat jalan yang telah diterbitkan Prasetijo.

Namun, saat ini pemeriksaan tertunda karena Prasetyo tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Prasetyo mengalami darah tinggi usai dicopot dari jabatannya.

"Kami sudah cek ke propam, kedokteran dan kesehatan (dokkes), yang bersangkutan masih dalam perawatan di rumah sakit. Tentunya kalau ada perkembangan, akan kita sampaikan ke rekan-rekan," ujar Awi.

Sebelumnya, beredar sebuah foto selfie Brigjen Prasetijo Utomo bersama Djoko Seogiarto Tjandra dan kuasa hukumnya, Anita Kolopaking. Mereka disebut mengabadikan momen kebersamaan itu saat tiba di Pontianak.

Baca juga: Kepolisian Siap Kawal Pilkada Bermutu

Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter El Diablo @xdigeeembok. Tampak dalam foto Prasetijo (kiri), Anita Kolopaking dan Joko Tjandra (kanan), mereka selfie bersama dengan latar belakang pesawat.

Disebutkan juga, mereka menumpangi jet carteran yang dioperatori PT Transwisata Prima Aviation jenis King Air 350i PK-TWX. Nama mereka tertera dalam manifest penerbangan tertanggal 6 Juni 2020.

Brigjen Prasetyo Utomo resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Karo Korwas) PPNS Bareskrim Polri. Dia terbukti menerbitkan surat jalan untuk buronan kelas kakap tersebut.(OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Tunjangan Dihentikaan saat Tugas Belajar, Dua Dosen Gugat UU

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 08 Desember 2022, 13:45 WIB
Dua dosen menguji ketentuan Pasal 51 ayat (1) UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen karena dianggap multitafsir dan dapat ditafisirkan...
Antara

Ruang Privat Tetap Dijamin Dalam KUHP

👤Sri Utami 🕔Kamis 08 Desember 2022, 13:20 WIB
Juru Bicara Tim Sosialisasi KUHP Nasional Albert Aries memastikan Pasal 284 tidak mengganggu ruang...
Antara

Sambut Hari HAM se-Dunia,  Indeks HAM Indonesia Jadi Tolok Ukur

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 08 Desember 2022, 12:45 WIB
Adanya pembangunan indeks HAM tersebut sebagai dasar analisis berbasis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya