Kamis 09 Juli 2020, 09:53 WIB

15 Satgas Pencegahan & 8 Satgas Penindakan KPK Awasi Dana Korona

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
15 Satgas Pencegahan & 8 Satgas Penindakan KPK Awasi Dana Korona

MI/Susanto
Ketua KPK Firli Bahuri

 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan pihaknya telah membentuk satgas pencegahan dan penindakan untuk mengawasi anggaran penanganan covid-19. Sebanyak 15 satgas pencegahan dibentuk dengan rincian 1 satgas di gugus tugas penanganan covid-19 di BNPB, 5 satgas pusat untuk program pemerintah pusat dan 9 satgas korwil.

"Selain membentuk satgas pencegahan, KPK juga membentuk 8 satgas penindakan covid 19. Kami mengingatkan agar dalam penggunaan anggaran harus taat asas, pedomani prinsip good goverment and clean governance serta akuntabel," kata Firli, Rabu (8/7) malam.

Baca juga: KPK akan Kawal Implementasi Pemulihan Ekonomi di BUMN

Hal itu disampaikan Firli saat menerima kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir pada Rabu (8/7) pagi pukul 10.00-11.30 WIB. Erick datang untuk memaparkan program Pemulihan Ekonomi Nasional dalam menghadapi pandemi covid-19. Terutama, program-program yang menjadi tanggung jawab Kementerian BUMN.

KPK pun mempelajari program serta regulasi yang ada di bawah tanggung jawab Kementerian BUMN kemudian mekanisme, pelaksanaannya, berapa anggarannya hingga memetakan titik rawan penyimpangan.

"Sesuai tugas pokok, KPK melakukan kegiatan pencegahan supaya tidak terjadi korupsi, melakukan koordinasi dengan instansi Kementerian/Lembaga serta monitoring atas pelaksanaan program pemerintah. Terkain akuntabilitas, kami meminta Menteri BUMN berkoordinasi dan komunikasi dengan BPK," tuturnya.(RO/OL-5)

Baca Juga

DOK DPR RI

Wakil Ketua DPR: Kaji Mendalam Rencana Kenaikan PPN

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 23:27 WIB
Muhaimin, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (12/5/2021), menyatakan bahwa pihaknya tidak menginginkan, jika kenaikan PPN ini resmi...
Antaranews.com

Dua Pengedar Uang Palsu di Aceh Ditangkap Polisi di Masjid

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 22:03 WIB
Masing-masing bernama Iwan TA (43) warga Desa Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjung Pinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan...
Antara

Pengecekan Pendatang Luar Negeri di Bandara Soetta Diperketat

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 12 Mei 2021, 19:25 WIB
Listyo melihat masih ada celah saat kedatangan warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) dari luar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya