Selasa 18 Februari 2020, 08:50 WIB

MAKI Gelar Sayembara Berhadiah untuk Pencarian Nurhadi

Media Indonesia | Politik dan Hukum
MAKI Gelar Sayembara Berhadiah untuk Pencarian Nurhadi

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi Abdurrachman,

 

MASYARAKAT Antikorupsi Indonesia (MAKI) menggelar sayembara pencarian mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi. Tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung itu masuk daftar pencarian orang (DPO).

“MAKI akan memberikan hadi­ah ponsel iPhone 11 bagi siapa pun yang mampu memberi tahu keberadaan Nurhadi,” kata Koordinator MAKI, Bo­yamin Saiman, saat di­mintai konfirmasi Medcom.id, kemarin.

Boyamin menuturkan informasi keberadaan Nurhadi penting. Nurhadi mangkir tiga kali panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Informasi itu bisa digunakan untuk menangkap Nurhadi oleh KPK,” ujar Boyamin.

Boyamin menuturkan sayembara ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, MAKI menawarkan Rp10 juta bagi masyarakat yang bisa menemukan Setya Novanto saat kabur dari penyidikan kasus KTP-E yang menjeratnya, 16 November 2017.

Kuasa hukum Nurhadi, Maqdir Ismail, mengaku heran dengan sayembara itu. Maqdir menilai MAKI memanfaatkan situasi untuk mencari pamor.

Secara terpisah KPK menyambut baik bantuan masyarakat mencari Nurhadi. “Bagi kami hal yang positif sebagai penggugah masyarakat berpartisipasi dalam pencarian untuk diproses hukum,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Jakarta, kemarin.

Ghufron menilai sayembara yang diadakan Masyarakat Anti­korupsi Indonesia itu memberikan kesempatan kepada masyarakat mengambil bagian dalam upaya penegakan hukum bagi terduga koruptor. Ia yakin keterlibatan masyarakat mampu mempercepat penemuan buron Lembaga Antirasuah itu.

“Kalau ada pihak yang menyembunyikan mereka, kami juga akan ambil langkah hukum,” tegas Ghufron.

Secara terpisah, Polri telah menerima surat dari KPK dan siap membantu KPK.  Mereka akan menyebarkan informasi DPO ke seluruh polda dan polres. “Sudah ada surat ke Mabes Polri ya, nanti kita juga membantu mencari,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen, Argo Yuwono di Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Jakarta, kemarin. (P-5)

Baca Juga

Alexander Zemlianichenko / POOL / AFP

Jokowi dan Putin Banyak Berdiskusi Soal Pangan dan Pupuk

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 00:05 WIB
Presiden RI Joko Widodo banyak berdiskusi soal pangan dan pupuk dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow,...
MI/ Susanto

Kejagung Periksa Saksi terkait Korupsi Duta Palma Group

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:46 WIB
Pemeriksaan dalam penyidikan kasus dugaan korupsi pemanfaatan lahan kelapa...
MI/Moh Irfan

Komisi III Buka Peluang Keluarkan Ganja dari Golongan I

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 30 Juni 2022, 21:55 WIB
"Jadi pertemuan hari ini adalah menyerap aspirasi tentang kemungkinan ke depan Undang-Undang Narkotika, kita keluarkan penggolongan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya