Jumat 31 Mei 2019, 15:23 WIB

Eggi Sudjana Mengeluh Darah Tinggi dan Fobia Ruang Sempit

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Eggi Sudjana Mengeluh Darah Tinggi dan Fobia Ruang Sempit

ANTARA FOTO/Jaya Kusuma
Politikus PAN Eggi Sudjana (tengah) di Polda Metro Jaya

 

ADVOKAT sekaligus Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Eggi Sudjana, mengaku sering mengalami sakit saat berada di sel tahanan rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya.

Penasehat hukum Eggi Sudjana, Pitra Romadhoni, mengatakan kliennya tersebut sempat mengeluhkan penyakit seperti darah tinggi. Kondisi kliennya tak memungkinkan untuk ditahan.

Baca juga: Minta Bukti Tertulis, Komnas HAM Siap Bongkar Dalang Rusuh 22 Mei

"Kondisi beliau, naik darah tingginya, kadang di pundak dia keram. Makanya kesehatan dia tidak memungkinkan," kata Pitra saat dihubungi, Jumat (31/5).

Selain Pitra, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, juga mengatakan hak yang sama bahwa Eggi kerap mengeluh sakit ketika di dalam rutan. Selain sakit, Pitra juga mendapat keluhan dari kliennya bahwa Eggi sering mengalami phobia ruang sempit. Hal tersebut dikarenakan ukuran sel rutan PMJ yang tidak besar.

"Beliau sangat fobia dengan ruangan sempit. Karena dari faktor usia belum bisa menyesuaikan diri kan begitu dengan lingkungan sekitar, usia beliau ini kan sudah cukup tua," jelas Pitra.

Serupa dengan Pitra, Fadli Zon menuturkan ukuran sel 3x1 m menjadikan Eggi phobia ruang sempit.

"Selnya itu 3x1 meter dan juga ada riwayat penyakit macam-macam yang saya kira bisa juga ini fobia terhadap tempat sempit, sehingga bisa ada halusinasi dan sebagainya," kata Fadli di Polda Metro Jaya, Rabu, 29 Mei 2019.

Wakil Ketua DPR ini mengharapkan penyidik mengabulkan permohonan penangguhan Eggi menjadi tahanan kota dengan alasan kemanusiaan. Apalagi, menurut dia, kasus yang menjerat Eggi masih sangat sumir.

Baca juga: Presiden Undang Purnawirawan Bahas Situasi Politik Nasional

Diketahui, Polda Metro Jaya telah menahan Eggi Sudjana setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus makar. Penahanan terhadap Eggi merujuk pada Surat Perintah Penahanan bernomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum, tertanggal 14 Mei 2019.

Eggi Sudjana dilaporkan seorang relawan dari Jokowi - Maruf Center (Pro Jomac), Supriyanto ke Bareskrim Polri dengan nomor laporan nomor: LP/B/0391/IV/2019/Bareskrim tertanggal 19 April 2019 dengan tuduhan penghasutan. (OL-6)

Baca Juga

Ilustrasi

Jokowi Instruksikan Kapolri Usut Tuntas Teror di Sigi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 30 November 2020, 18:36 WIB
Presiden menyebut tindakan teror hingga menewaskan empat warga itu di luar batas kemanusiaan dan ditujukan untuk merusak kerukunan...
Ilustrasi

Pejabat KKP Masuk Bursa Pengganti Edhy Prabowo

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 November 2020, 18:12 WIB
Sebagai orang yang berpengalaman di bidang kelautan dan perikanan, pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan 1961 itu patut dipertimbangkan...
MI/Ramdani

Sampaikan Duka, Jokowi Akan Beri Santunan korban Teror di Sigi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 30 November 2020, 17:51 WIB
Presiden menyebut aksi pembunuhan dan pembakaran itu sebagai teror yang ditujukan untuk merusak kerukunan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya