Senin 20 Mei 2019, 21:05 WIB

Wapres Berharap Fungsi Masjid tidak Disalahgunakan

Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum
Wapres Berharap Fungsi Masjid tidak Disalahgunakan

MI/RAMDANI
Wakil Presiden Jusuf Kalla

 

MENJELANG pengumuman resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan agar masjid tidak dipergunakan untuk mempertentangkan terkait isu-isu terkini.

Hal tersebut disampaikan Wapres yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia dalam buka puasa dengan DMI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta sejumlah cendekiawan muslim di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Senin (20/5).

"Dalam rangka menjaga keamanan akhir-akhir ini, isu-isu dalam satu dua hari ini nampaknya. Saya harapkan masjid-masjid tidak dimanfaatkan dan digunakan untuk mempertentangkan dan menjadi tempat pertentangan politik jemaah," tutur JK.

Dalam kesempatan yang sama, ulama tafsir Indonesia, Muhammad Quraish Shihab, mendoakan agar dalam dua hari ke depan dapat berjalan aman serta tidak menimbulkan perpecahan, apalagi sampai jatuh korban. Menurutnya, aksi (pengerahan massa) tersebut sebetulnya sudah tidak perlu lagi dilakukan.


Baca juga: Azyumardi Azra: Ulama Seharusnya tidak Partisan


"Sebenarnya hemat saya tidak perlu lagi, karena aspirasinya sudah terdengar dan ada jalan keluar yang disiapkan undang-undang. Jadi tidak perlu lagi," tutur Quraish.

Menanggapi adanya sejumlah provokasi yang mengatasnamakan agama, dia mengaku heran adanya ajakan jihad menggulingkan kekuasaan. Menurutnya, ajaran agama tidak mengajarkan hal tersebut, sebaliknya ajaran agama justru mengajarkan agar tercipta keamanan dan kedamaian.

"Agama menghendaki taat kepada penguasa, walaupun tidak setuju kepadanya. Harus taat demi menciptakan kedamaian," pungkas Quraish. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota yang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:44 WIB
Dua anggota kepolisian yang tewas, yakni Briptu Fajar Yoyok Pujiono dan Brigadir Andik Purwanto, juga telah dimakamkan secara...
ANTARA

Polisi Naikkan Status Tragedi Kanjuruhan ke Penyidikan

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:38 WIB
Keputusan menaikkan status menjadi penyidikan tersebut dilakukan setelah tim melakukan gelar...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Komnas Telusuri Pelanggaran HAM dalam Insiden di Kanjuruhan

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:24 WIB
Setelah melakukan investigasi ke kandang 'Singo Edan' itu, Komnas HAM menyatakan pihaknya menemukan dugaan adanya pelanggaran HAM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya