Minggu 19 Mei 2019, 22:35 WIB

Jelang Pengumuman Akhir, KPU Perketat Keamanan

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Jelang Pengumuman Akhir, KPU Perketat Keamanan

ANTARA
Pengamanan di Kantor KPU

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) memperketat keamanan sejak dimulai penghitungan rekapitulasi nasional. Terlihat bentangan kawat berduri di depan Kantor KPU dan beberapa kendaraan taktis di sekitar Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Koordinator Pengamanan KPU, Raymon, bentangan kawat berduri itu sepanjang 80 meter dan di seberang jalan KPU memiliki panjang 100 meter. Selain itu, menurutnya tidak boleh ada orang yang masuk sembarangan ke dalam kantor KPU.

"Yang boleh masuk itu yang punya kepentingan. Pertama dari saksi parpol dan DPD tapi tapi harus dengan ID Card dari KPU. Setiap tamu yang masuk ke KPU itu biarpun Bawaslu RI, harus gunakan ID Card untuk masuk dalam ruangan perhitungan rekapitulasi di Lantai 2. Pihak media juga sama," ungkapnya kepada Media Indonesia, Jakarta, Minggu (19/5).

Sejumlah personel keamanan berjaga di sekitar Kantor KPU. Pengunjung yang akan masuk ke dalam Kantor KPU pun akan melewati detektor logam dan pemeriksaan berlapis mulai dari luar Kantor KPU.

Lebih lanjut, Raymon menerangkan bahwa pengamanan dilakukan dengan tiga titik. Pertama di depan Kantor KPU, tepatnya di halte bus. Disiapkan pihak keamanan yang terdiri dari 3 orang yang selalu mengecek isi tas setiap pengunjung. Kemudian di pintu masuk gerbang KPU ada pihak keamanan yang memiliki metal detector.

"Di garret itu sebelum masuk ke kantor, harus melepas yang berbentuk logam. Dari cincin, jam tangan, ikat pinggang, jaket dilepas,topi dilepas. Kacamata hitam juga diwajibkan dilepas. Itu sesuai SOP pengamanan disini," jelas Raymon.

Setelah itu, pengamanan juga dilakukan di gerbang kedua dalam Kantor KPU. Pengamanan tersebut diberlakukan sejak 4 Mei saat hari pertama pembacaan rekapitulasi nasional. Personel keamanan gabungan terdiri dari Polri, Brimob, Pos Blora, Polsek Menteng, Polres Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya.


Baca juga: KPU Tolak KPPS Disebut tidak Paham Beban Kerja Saat Bertugas


"Kalau dari pagi itu jumlah personel dari pihak Polri yang diperbantukan menjaga KPU kurang lebih ada 100 orang. Mulai dari pagi hingga sore tapi kalau yang 24 jam standby itu ada sekitar 30 orang," kata Raymon.

Untuk pengamanan jelang penetapan hasil pada 22 Mei, Raymon sebut pihaknya akan menunggu instruksi dari kepala keamanan KPU. Di sisi lain, Komisioner KPU Wahyu Setiawan menuturkan pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada pihak keamanan untuk menjaga situasi di KPU.

"Jelang 22 Mei tentu saja terkait dengan standar pengaman itu menjadi tugas pokok dari kepolisian yang di dukung oleh TNI, sehingga KPU dalam posisi mengikuti saja sesuai dengan standar operasional yang dimiliki oleh Polda. Semoga aman semua," jelasnya.

Terpisah, anggota Badan Pengawas Pemilu RI, Fritz Edward Siregar, juga mempercayakan sepenuhnya kepada pihak keamanan. Ia juga mengaku pihaknya belum menerima adanya teror.

"Secara keamanan saya yakin TNI dan Polri mampu menjaga keamanan ini semua. Sehingga tanggal 22 atau 23 atau akan baik baik saja. Kemudian, sampai sekarang kami dari Bawaslu tidak pernah mendapat ancaman apa apa dan kami selama ini dapat melaksanakan tugas dengan baik," tukasnya. (OL-1)

Baca Juga

Instagram @gerindra

Prabowo Sowan Ke 9 Kiai Sepuh NU Jateng, M Qodari: Game Changer di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:57 WIB
“Ini memperlihatkan arah baru untuk segmentasi atau basis politik yang dituju. Kita tahu pada 2014 dan 2019 arahnya itu dengan...
Ist/DPR

Johan Budi: Gunakan UU TPPU dalam Pengungkapan Kasus Judi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:05 WIB
DPR mengusulkan UU 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) dalam upaya penindakan kasus...
Ist

Relawan Puan Gelar Kegiatan Senam Asik dan Aksi Peduli Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 16:55 WIB
Dalam kegiatan ini, Relawan Puan membagikan ratusan paket sembako bagi warga yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya