KPU Tolak KPPS Disebut tidak Paham Beban Kerja Saat Bertugas

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Minggu, 19 Mei 2019, 21:10 WIB Politik dan Hukum
KPU Tolak KPPS Disebut tidak Paham Beban Kerja Saat Bertugas

MI/Susanto
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menampik soal petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tidak paham soal beban kerja yang ditanggung saat menjalankan tugasnya.

Hal itu merespons soal pernyataan dari Komisioner Ombudsman, Adrianus Meliala, yang mengatakan negara harus bertanggung jawab karena banyak petugas KPPS tidak mengetahui beban kerja yang akan dialami, sehingga banyak dari mereka yang mengalami musibah seperti meninggal dunia dan sakit.


Baca juga: Rekapitulasi Suara Rampung, KPU Tetap Sahkan Hasil pada 22 Mei


"Menurut saya KPPS sudah paham job desk. Tetapi memang volume kerjanya itu yang lua r biasa. Menurut saya itu musibah," ujarnya di Gedung KPU, Menteng, di Jakarta, Minggu (19/5).

Namun KPU akan mengevaluasi sistem pemilu serentak 2019 yang banyak memakan korban KPPS. Lebih lanjut, Wahyu juga menyayangkan jika masih ada pihak yang menjadikan isu meninggalnya KPPS untuk kepentingan politik.

"Kita berterima kasih pada semua pihak yang memberikan empati kepada kawan-kawan kami yang gugur. Tetapi di antara yang memberikan empati kan ada yang menjadikan komoditas politik juga. Nah itu yang kami tidak rela," kata Wahyu. (OL-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More