Senin 15 April 2019, 07:15 WIB

Indonesia-Arab Saudi Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Indonesia-Arab Saudi Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Dok. Biro Pers Istana
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud (kedua dari kiri)

 

PRESIDEN Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud menggelar pertemuan bilateral di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas), kemarin. Dalam pertemuan yang berlangsung selepas jamuan santap siang itu, Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat akan meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan resmi yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Dalam pertemuan itu Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Tanah Air atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah haji Indonesia.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” ucap Menlu Retno.

Retno yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral itu menyampaikan bahwa Raja Salman juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinannya di dunia Islam. Turut mendam­pingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral itu antara lain Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin.

Setelah bertemu dengan Raja Salman, pada petang hari Presiden bertemu dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

Tadi malam, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi bertolak ke Jeddah untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Mekah guna menunaikan ibadah umrah. Presiden Jokowi dan rombongan direncanakan tiba kembali di Jakarta pada Senin (15/4) malam.

Pada Maret 2017, Raja ­Salman berkunjung ke Indonesia. Dia merupakan pemimpin kedua Arab Saudi yang berkunjung ke Indonesia setelah Raja Faisal bin Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Saud pada 1970. (Mal/Hil/Ant/E-2)

Baca Juga

Antara

Kejagung Teliti Berkas Perkara Irjen Napoleon Aniaya M Kece

👤Ant 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:22 WIB
Perkara dugaan penganiayaan M Kece dilakukan oleh Napoleon Bonaparte dan empat tahanan Rutan Bareskrim...
Antara

Bupati Kuansing Diduga Terima Sogok Rp700 Juta Izin HGU Sawit

👤Ant 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:04 WIB
Andi Putra jadi ersangka dalam kasus dugaan suap terkait perpanjangan izin HGU sawit di Kabupaten Kuansing,...
Youtube

Kejaksaan Kembalikan Berkas Perkara M Kece untuk Dilengkapi

👤Ant 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 22:50 WIB
Perkara dugaan tindak pidana penistaan agama atas nama M Kece belum lengkap baik secara formil maupun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya