Minggu 10 Februari 2019, 21:26 WIB

Didukung Purnawirawan, Jokowi Jamin Netralitas TNI-Polri

Rudy Polycarpus | Politik dan Hukum
Didukung Purnawirawan, Jokowi Jamin Netralitas TNI-Polri

MI/Pius Erlangga

 

CALON presiden Joko Widodo menjamin netralitas TNI-Polri di Pemilu 2019. Mantan Gubernur DKi Jakarta ini menekankan agar masyarakat harus bisa membedakan antara purnawirawan dengan para anggota TNI dan Polri yang masih aktif bertugas

Hal itu disampaikannya saat menanggapi deklarasi dukungan purnawirawan TNI-Polri kepada pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin di JIExpo, Jakarta, Minggu (11/2).

"Yang namanya TNI dan Polri itu harus netral. Tapi, yang hadir di sini adalah para purnawirawan TNI-Polri, tolong dibedakan," ujarnya seusai deklarasi.

Ia juga menegaskan bahwa para purnawirawan TNI-Polri tidak akan memengaruhi netralitasi anggota lainnya yang masih aktif.

Menurutnya, para purnawirawan tersebut memiliki pengaruh di daerahnya dalam menggget potensi elektoral.

Baca juga : Dukungan Purnawirawan TNI-Polri Jadi Pukulan Bagi Prabowo

"Beliau ini para purnawirawan TNI Polri ini tokoh-tokoh yang ada di masyarakat yang ada di daerah baik di provinsi, kabupaten, kota. Jadi ya beliau ini biasanya menjadi tokoh yang memengaruhi di wilayah kabupaten kota dan provinsi," tandasnya.

Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Kemaritiman yang juga purnawirawan Jenderal TNI Luhut Binsar Panjaitan, Menko Polhukam sekaligus mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (purn) Wiranto.

Di antara purnawirawan yang hadir adalah Arief Koeshariadi, Fachrul Razi, mantan Kapolri Roesmanhadi, Timur Pradopo, dan Da'i Bachtiar.

Ketua pelaksana Laksamana Muda (purn) Iskandar Sitompul mengatakan, purnawirawan yang hadir mencapai seribu orang. Namun, mereka hanya sebatas perwakilan. Iskandar menyatakan masih banyak lagi purnawirawan yang mendukung Jokowi tetapi tidak bisa menghadiri deklarasi.

"Ini mereka semuanya dulu pernah bertugas di mana-mana. Dari Sabang sampai Merauke. Tentunya punya relationship di mana mana. Nah ini akan menggerakkan semua purnawirawan termasuk keluarga, anak anaknya untuk memilih Pak Jokowi," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

Tangkapan Layar Youtube Bang Eddy

Polisi Sebut Edy Mulyani Konfirmasi akan Hadiri Pemeriksaan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:15 WIB
Edy Mulyadi dilaporkan sejumlah elemen masyarakat di tiga wilayah berbeda, terkait ujarannya tentang IKN sebagai tempat jin buang...
ANTARA/Jaya Kusuma

Danjen Kopassus Tegaskan Eggi Sudjana bukan Warga Korps Baret Merah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:53 WIB
Teguh juga mengatakan Eggi Sudjana tidak pernah berkontribusi dalam satuan Kopassus. Alumni angkatan militer (Akmil)...
MI/Pius Erlangga

Kejagung Sebut Pemanggilan Dua Purnawirawan Jenderal TNI AL Butuh Koordinasi JAM-Pidmil

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 28 Januari 2022, 04:15 WIB
Kedua purnawirawan yang dimaksud adalah Laksamana Pertama (Laksma) (Purn) Listyanto dan Laksamana Muda (Laksda) (Purn)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya