Kamis 31 Januari 2019, 11:25 WIB

Mendagri Percayakan Mesuji pada Plt Bupati Saply

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Mendagri Percayakan Mesuji pada Plt Bupati Saply

Ist

 

BUPATI Mesuji, Khamami, ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. Khamami diusung oleh PAN, Nasdem, PKS, Golkar, dan Partai Demokrat.

Khamami diduga menerima uang Rp1,28 miliar dari pemilik PT Jasa Promix Nusantara dan PT Secilia Putri melalui sejumlah perantara. Uang itu diduga merupakan fee pembangunan proyek infrastruktur di Mesuji. 

KPK menduga uang itu bukanlah pemberian pertama. KPK telah mendeteksi pemberian sebelumnya sebesar Rp200 juta dan Rp100 juta.

Terkait status tersebut, Mendagri, Tjahjo Kumolo, mengatakan sudah menunjuk Wakil Bupati Mesuji, Saply TH, untuk menjadi Plt Bupati Mesuji yang baru. Tjahjo mengatakan Saply untuk sementara akan mengemban tugas dan pekerjaan yang sebelumnya tengah dilakukan oleh Khamami.

"Dengan dia sebagai tersangka sehingga dia tidak bisa melakukan kegiatan secara penuh, sambil menunggu inkrahnya nanti kami sudah menunjuk wakil bupati untuk menggantikan," ujar Tjahjo.

 

Baca juga: Bupati Mesuji Mundur dari NasDem

 

Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan Gubernur Lampung untuk mengurus surat keputusan penetapan Saply sebagai Plt. Bupati.

"Kami mintakan pada gubernur SK-nya. Sampe kapan? Ya sampai nanti inkrah," tutur Tjahjo.

Sementara itu, KPK terus melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di beberapa lokasi terkait kasus Khamami. Telah disita sejumlah dokumen-dokumen proyek yang diduga terkait dengan perkara suap tersebut.

Penggeledahan dilakukan sejak Senin (28/1) hingga Selasa (29/1). Ada tiga lokasi yang digeledah pada hari Senin yaitu rumah Bupati Khamami, kantor, serta rumah salah seorang tersangka pemberi suap. (OL-3)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Kompolnas Prihatin Kasat Narkoba Polres Karawang Terlibat Narkoba

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 12:30 WIB
Poengky Indarti mengaku prihatin atas ditangkapnya Kasat Narkoba Polres Karawang berinisal ENM yang diduga terlibat peredaran...
Antara

KPK Berpeluang Seret Pihak Lain dari Kasus Surya Darmadi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 12:30 WIB
Penyidik akan mendalami keterangan Surya Darmadi dan akan memanggil pihak lain yang terlibat kasus...
Antara

MAKI Apresiasi Pidato Jokowi Soal Pemberantasan Korupsi: Pemacu Penegak Hukum

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 12:13 WIB
Boyamin berharap pidato Presiden menjadi pemacu bagi aparat penegak hukum untuk semakin meningkatkan proses penegakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya