Rabu 30 Januari 2019, 16:31 WIB

Pengumuman Caleg Mantan Koruptor Bukan Pencitraan

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Pengumuman Caleg Mantan Koruptor Bukan Pencitraan

MI/MOHAMAD IRFAN

 

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan mengumumkan nama calon anggota legislatif eks koruptor, dianggap sebagai sebuah pencitraan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Lingkar Mardani, Ray Rangkuti angkat bicara. Ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan KPU semata untuk mendapatkan kepercayaan publik mengenai terbukanya rekam jejak para caleg mantan koruptor yang berlenggang di Pemilu 2019.

"Apa pentingnya KPU lakukan pencitraan, kan dia bukan politisi yang butuh citra. Dia hanya butuh kepercayaan publik. Itu yang saya kira," ujar Ray saat berada di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (30/1).

Baca juga: KPU: Yang Diumumkan, Caleg dengan Ancaman 5 Tahun Penjara

Lebih lanjut, Ray mengatakan apa yang dilakukan KPU dengan mengumumkan nama caleg mantan koruptor merupakan bentuk penegahan kembalinya napi koruptor kembali ke politik. Kemudian ia menuturkan ada manfaat yang didapati pemilih jika caleg mantan koruptor diumumkan ke publik.

"Pemilu tidak hanya mewadahi hak orang untuk dipilih, juga mewadahi hak orang mendapatkan calon pemimpin yang baik. Oleh karena itu harus dibuat sistem untuk memastikan orang (caleg) baik yang akan dipilih, bukan org yang bermasalah. Jadi mengumumkan itu sudah paling minimal," tandasnya. (Ins)

Baca Juga

Ist

LPOI-LPOK Dukung Pengadaan Perppu Pelarangan Ideologi selain Pancasila

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:25 WIB
Tantangan utama bangsa Indonesia hari ini ialah penyebaran ideologi yang bertentangan dengan ideologi...
DOK MI

Golkar Berpeluang Usung Anies-Airlangga

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:15 WIB
PELUANG Partai Golkar untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dinilai...
MI/Vicky Gustiawan

Waketum Golkar Undang Anies ke Makassar, Pengamat : Sinyalemen Golkar Cari Capres Alternatif 

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:02 WIB
Sebab dengan elektabilitas Airlangga yang masih sangat rendah ini sangat kecil bisa bersaing dengan tokoh-tokoh lainnya di Pilpres...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya