Selasa 29 Januari 2019, 19:00 WIB

Sudah Divonis, KPU Sebut Ahmad Dhani Masih Memenuhi Syarat

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Sudah Divonis, KPU Sebut Ahmad Dhani Masih Memenuhi Syarat

MI/PIUS ERLANGGA

 

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menuturkan bahwa caleg yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkrah, akan diinformasikan namanya di tempat pemungutan suara (TPS) di daerah pemilihan caleg tersebut.

"Kalau sekarang tidak dicoret (digugurkan), tapi diinformasikan di TPS. Sekarang sudah jadi (dicetak) surat suara.Tapi putusannya harus inkrah itu (calegnya)," jelas Arief di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI), di Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (29/1).

Baca juga: Jangan Hanya Terfokus Pada Pilpres

Pengumuman nama caleg di TPS tersebut akan dilakukan jika caleg yang dimaksud divonis di atas lima tahun. Lebih lanjut, Arief menanggapi soal perkara musisi terkenal Ahmad Dhani yang divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 1 tahun 6 bulan. Dhani bersalah perihal melakukan ujaran kebencian lewat cuitan di akun Twitter. Diketahui Dhani menjadi caleg di Dapil Jatim I saat Pileg 2019.

"Kalau dia (Ahmad Dhani) sudah banding berarti belum inkrah. Kalau sudah ada dalam surat suara, sudah dicetak (nama caleg yang bersangkutan) terus ada putusan inkrah, nah nanti kita beri penjelasan di situ (TPS). 'Telah ada putusan inkrah..bla..bla," jelasnya.

"Kemudian kami juga jelaskan (di TPS dapil tersebut) kena putusan inkrah pasal yang mana, apakah soal dia tidak penuhi syarat atau tidak, kan ada yang ancaman di atas lima tahun, ada yang di bawah 5 tahun. Jadi klasifikasi ada macam-macam," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Wahyu menambahkan Ahmad Dhani sudah masuk dalam daftar calon tetap (DCT) sehingga tidak bisa dihapus namanya lantaran proses pencetakan surat suara sudah dilakukan.

"Sepanjang putusan hukum itu belum berkekuatan hukum tetap, maka itu tidak menggugurkan posisi sebagai caleg. Kita kembali lagi kepada yang bersangkutan, terima putusan hukum itu atau akan banding," ujar Wahyu.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Harus Bijak Olah Informasi

Lebih lanjut Wahyu mengatakan status Ahmad Dhani sebagai caleg DPR bisa jadi tidak memenuhi syarat seandainya keputusan hukumnya sebagai terpidana sudah inkrah. Namun demikian, saat ini Ahmad Dhani masih memenuhi syarat sebagai caleg lantaran hukuman pidana yang dijatuhkan kepadanya belum inkrah.

Wahyu menjelaskan, hal itu telah diatur dalam Surat Edaran KPU Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Calon Tidak Memenuhi Syarat Pasca Daftar Calon Tetap (DCT). Oleh KPU, surat tersebut sudah diedarkan ke KPU provinsi dan kabupaten/kota. Dalam surat tersebut dikatakan, caleg dinyatakan TMS jika terbukti melakukan tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah. (OL-6)

Baca Juga

Tangkapan Layar Youtube Bang Eddy

Polisi Sebut Edy Mulyani Konfirmasi akan Hadiri Pemeriksaan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:15 WIB
Edy Mulyadi dilaporkan sejumlah elemen masyarakat di tiga wilayah berbeda, terkait ujarannya tentang IKN sebagai tempat jin buang...
ANTARA/Jaya Kusuma

Danjen Kopassus Tegaskan Eggi Sudjana bukan Warga Korps Baret Merah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:53 WIB
Teguh juga mengatakan Eggi Sudjana tidak pernah berkontribusi dalam satuan Kopassus. Alumni angkatan militer (Akmil)...
MI/Pius Erlangga

Kejagung Sebut Pemanggilan Dua Purnawirawan Jenderal TNI AL Butuh Koordinasi JAM-Pidmil

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 28 Januari 2022, 04:15 WIB
Kedua purnawirawan yang dimaksud adalah Laksamana Pertama (Laksma) (Purn) Listyanto dan Laksamana Muda (Laksda) (Purn)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya