Rabu 04 Januari 2023, 22:37 WIB

Persiapan SEA Games Kamboja, Timnas Basket Gaet Pemain Naturalisasi

Mediaindonesia.col | Olahraga
Persiapan SEA Games Kamboja, Timnas Basket Gaet Pemain Naturalisasi

Instagram Derrick Michael Xzavierro
Derrick Michael Xzavierro

 

TIMNAS basket Indonesia bakal kembali melakukan naturalisasi pemain dalam persiapan menghadapi SEA Games Kamboja 2023. Perekrutan naturalisasi dilakukan mengantisipasi potensi absennya beberapa nama seperti Marques Bolden dan Derrick Michael Xzavierro yang tengah berada di Amerika Serikat.

PP Perbasi menyampaikan program naturalisasi kembali digulirkan demi memperkuat tim yang dalam misi mempertahankan emas. Sejauh ini, sudah satu nama yang diusulkan.

"Namanya masih kami rahasiakan. Posisinya point guard dan itu wilayah pelatih, tidak mungkin kami intervensi," ungkap Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (4/1).

Perbasi menargetkan Indonesia harus bisa memulai tradisi emas. Sebab itu, ujarnya, timnas Indonesia juga harus lebih siap dan lebih kuat lagi.

Nirmala mengatakan persiapan negara lain seperti Filipina juga memanggil pemain-pemain asing demi berupaya merebut emas yang didapat Indonesia di edisi SEA Games Vietnam lalu. "Kita berusaha maksimal untuk mempertahankan medali emas kita," imbuhnya.

Asisten pelatih timnas Wahyu Widayat Jati Wahyu menyatakan timnas mengincar posisi point guard dan center untuk naturalisasi kali ini. Rencana itu menjadi bagian mengantisipasi beberapa pemain yang kemungkinan tak bisa bergabung.

Bolden saat ini memperkuat klub NBA G League, Salt Lake City Stars. Center setinggi 2,08 meter itu merupakan naturalisasi yang menjadi bagian timnas memenangi emas SEA Games Vietnam. Ia juga memperkuat timnas pada Piala Asia FIBA 2022.

Adapun Derrick yang juga menjadi skuad SEA Games Vietnam dan Piala Asia saat ini tengah merintis di liga perguruan tinggi NCAA bersama Grand Canyon Antelopes alias GCU. "Rencana untuk posisi bigman dan point guard yang akan naturalisasi," ujar Wahyu. (OL-8)

Baca Juga

AFP

PB PSOI Bertekad Tingkatkan Prestasi Selancar Ombak Indonesia

👤ifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 07 Februari 2023, 16:16 WIB
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman meminta PB PSOI agar terus meningkatkan prestasi atlet selancar ombak...
AFP/Attila KISBENEDEK

Verstappen Berharap Hamilton Bisa Bersaing pada Musim Ini

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 07 Februari 2023, 13:45 WIB
Verstappen bersikeras Hamilton dapat bersaing memperebutkan gelar juara pada 2023, selama Mercedes dapat memberinya mobil dengan performa...
AFP/Gregory Shamus/Getty Images

Tatum Cetak 34 Poin, Celtics Hajar Pistons

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:07 WIB
Tembakan Tatum terus meleset dalam lima percobaan di awal gim. Ia juga melakukan banyak pelanggaran dan gagal dalam 10 tembakan di kuarter...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya