Kamis 03 November 2022, 12:17 WIB

Hadapi SEA Games 2023, Timnas Basket Putri Indonesia Diperkuat

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Hadapi SEA Games 2023, Timnas Basket Putri Indonesia Diperkuat

MI/ROMMY PUJIANTO
Para pemain timnas bola basket putri Indonesia berlatih di Hall Basket, Senayan, Jakarta.

 

PENGURUS Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) terus berupaya memperkuat Timnas basket Putri Indonesia, untuk menatap SEA Games 2023 Kamboja.

Caranya, dengan membuka seleksi nasional (seleknas) bagi pebasket putri muda berbakat dari seluruh Indonesia dan memanggil pemain hasil pantauan tim pelatih Timnas Putri.

Prestasi luar biasa sebelumnya berhasil ditorehkan timnas basket putri Indonesia, Indonesia Elite sukses menjuarai turnamen SEA Women Basketball League (SWBL) Introduction Series 2022 pada 31 Oktober lalu.

"Apa yang ditunjukkan Timnas Putri melalui Indonesia Elite di SEA Women Basketball League luar biasa. Tapi kami harus terus bergerak membangun kekuatan di masa mendatang," ungkap Sekretaris jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan resmi federasi, Kamis (3/11).

Baca juga: Shesar dan Anthony Melenggang ke Babak Kedua di Jerman

"Dua langkah ini kami ambil untuk membuka seluas-luasnya bagi putri terbaik bangsa yang memiliki talenta di bolabasket. Kami butuh tenaga mereka sebagai bagian dari misi regenerasi untuk hadapi rivalitas di masa mendatang," jelasnya.

Lebih lanjut,  Wakil Ketua PP Perbasi Bidang Pembinaan dan Prestasi George Fernando Dendeng mengatakan, untuk pemain yang ikut seleknas Timnas Putri harus mengantongi rekomendasi dari Pengprov masing-masing daerah.

Disebutnya, PP Perbasi hanya sediakan dua slot utusan dari masing-masing pengprov. Mereka akan diseleksi pada minggu hingga senin atau 13-14 November 2022 di Surabaya.

"Kesempatan ini kami berikan kepada talent putri di seluruh Indonesia kelahiran 1999 sampai 2004 untuk dapat ikut seleksi Tim Nasional Elite Putri kita ini. Silahkan menghubungi Pengprov Perbasi di wilayahnya," jelas George.

Sementara itu untuk hasil pantauan tim pelatih, penanggung jawab Timnas Putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja menyebut telah memanggil 7 nama.

Mereka sebelumnya tampil baik di beberapa turnamen seperti Liga Mahasiswa dan FIBA U18 Women’s Asian Championship Divisi A.

Adappun ketujuh pebasket itu adalah Vanissa Renata Siregar, Nathania Nicole Sasongko, Evangeline Clarissa Djohan, Sophia Rebecca Adventa, Valerie Fradela, Namira Ramandha, dan Amelia Ryan Ayu Rdhani.

"Ini bagian dari misi regenerasi di timnas putri. Kita maunya jangan sampai ketinggalan melakukan regenerasi. Di Asia Tenggara sudah ada pemain muda bermunculan. Mereka kami panggil dengan harapan mereka dapat eksposur dari Pelatih Timnas," jelas Christopher. (Rif/OL-09)

Baca Juga

Antara

Persaingan Ketat Bakal Tersaji di Kejurnas Arung Jeram

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 29 November 2022, 18:27 WIB
Kejuaraan Nasional Arung Jeram 2022 juga menjadi ajang uji coba kekuatan daerah untuk babak kualifikasi Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2024...
AFP

Mattia Binotto Mundur Dari Tim Ferrari

👤Widhoroso 🕔Selasa 29 November 2022, 18:01 WIB
TIM Formula 1 Ferrari, Selasa (29/11) mengumumkan pengunduran diri Mattia Binotto dari posisi team...
Ist

IFMA Beri Masukan untuk Perkembangan Muaythai di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 17:47 WIB
Salah satu masukan yang diberikan yakni memasukkan cabang olahraga Muaythai sebagai salah satu pilihan ekstrakurikuler di sekolah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya