Minggu 27 Maret 2022, 21:06 WIB

Konya Janjikan Venue Untuk ISG ke-5 Rampung Mei Nanti 

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Konya Janjikan Venue Untuk ISG ke-5 Rampung Mei Nanti 

Dok. OCAasia.org
Logo ISG Konya

 

TUAN rumah Pesta Olahraga Negara Solidaritas Islam/ISlamic Solidarity Games (ISG) 2021, Konya, Turki, memastikan venue pertandingan akan rampung dibangun pada Mei 2021, untuk menyambut penyelenggaraan ISG pada 9-18 Agustus mendatang. 

Informasi tersebut diterima Komite Olimpiade Indonesia (KOI) usai menghadiri Chefs de Mission Meeting di Konya, Turki, 18-21 Maret. Delegasi KOI diwakili Komite Eksekutif Rafiq Hakim Radinal dan Indra Gamulya. 

“Tuan rumah mengajak kami meninjau venue yang akan digunakan. Hanya beberapa venue baru yang dibangun karena sebagian besar memanfaatkan fasilitas yang dimiliki universitas, termasuk athlete village. Untuk fasilitas baru, ada dua venue yang belum selesai yaitu velodrome untuk balap sepeda serta kolam akuatik. Selebihnya sudah siap digunakan,” ujar Rafiq dalam keterangan resmi KOI, Minggu (27/3). 

Rafiq menambahkan, venue pertandingan terbagi di beberapa wilayah, di antaranya Selcuk University, Konya Technical University Sports Hall, dan Metropolitan Municipality Stadium yang akan menjadi tempat opening dan closing ceremony serta pertandingan final sepak bola. Kendati tidak berada di satu wilayah, Rafiq menjelaskan jarak antara satu venue dengan lainnya tidak terlalu jauh. 

Sebagai informasi, ISG Konya mempertandingkan 20 cabang olahraga (cabor), yaitu atletik, panahan basket 3x3, bocce, balap sepeda (jalan raya dan trek), anggar, sepak bola, senam (artistik, aerobik, ritmik), bola tangan, judo, karate, kickboxing, menembak, renang, tenis meja, taekwondo, voli, angkat besi, gulat (freestyle, greco-roman), panahan tradisional. 

Baca juga : Jonatan Christie Akhiri Puasa Gelar di Swiss Terbuka 2022 

“Athlete Village menggunakan dormitory Selcuk University dan akan dibuka pada 21 Juli. Anggar dan taekwondo juga diselenggarakan di Selcuk. Sedangkan judo dan gulat diselenggarakan diKonya University,” terang Rafiq. 

Sementara itu, Indra menjelaskan,, hal-hal yang berkaitan dengan visa sudah dijelaskan dengan baik oleh panitia penyelenggara. Namun, Indonesia harus mengantisipasi waktu transit dari Istanbul ke Konya. 

“Indonesia bebas visa jadi kita tak ada kendala. Namun, kita perlu menyiapkan diri jika mengirim banyak kontingen ke ISG mengingat saat games times pasti banyak negara dan atlet yang datang dalam waktu bersamaan,” ujar Indra. 

ISG merupakan multi-cabang olahraga internasional di bawah naungan Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dan diikuti 57 negara anggota Organisation of Islamic Cooperation (OIC). Konya merupakan tuan rumah ISG edisi kelima yang seharusnya diadakan 2021, tetapi penyelenggaraan ditunda hingga 2022 karena pandemi Covid-19. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Adrian DENNIS

Singkirkan Alcaraz, Sinner Melaju ke Perempat Final Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:47 WIB
Dua petenis termuda yang tersisa di sektor tunggal putra itu memberikan gambaran sekilas tentang masa depan mereka lewat beberapa pukulan...
AFP/Rick Osentoski/Getty Images

Cavaliers Hadiahi Garland Kontrak Super Maksimum

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:30 WIB
Pebasket berusia 22 tahun itu mengawali kariernya di NBA sebagai pilihan kelima Draft 2019 yang direkrut...
Antara

Presiden Beri Selamat kepada Apriyani/Fadia

👤Andhika Prasetyo 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:42 WIB
Presiden pun berharap, ke depan, prestasi-prestasi serupa dapat diraih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya