Sabtu 29 Januari 2022, 18:14 WIB

Juara Australia Terbuka, Barty Cetak Sejarah

Akhmad Mustain | Olahraga
Juara Australia Terbuka, Barty Cetak Sejarah

Martin KEEP / AFP
Petenis Australia Ashleigh Barty

 

ASHLEIGH Barty menjadi orang Australia pertama yang memenangkan Grand Slam di negaranya dalam 44 tahun terakhir. Ia mampu menghentikan perlawanan petenis Amerika Danielle Collins dengan dua set langsung.

Petenis nomor satu dunia itu sempat tertinggal 5-1 pada set kedua, tetapi bangkit kembali untuk menang melalui tiebreak dan melewati unggulan ke-27 itu 6-3, 7-6 (7/2) untuk dinobatkan sebagai juara Australia Terbuka di depan penonton Rod Laver Arena yang menanti.

Itu adalah gelar Slam ketiga bagi petenis berusia 25 tahun itu setelah kesuksesan terobosannya di Prancis Terbuka pada 2019 dan Wimbledon tahun lalu, bergabung dengan Serena Williams sebagai satu-satunya pemain aktif yang memenangkan gelar mayor di ketiga lapangan.

Dia menyamai prestasi dengan Christine O'Neill, petenis Australia terakhir yang menang di Melbourne.

Baca juga: Nadal dan Medvedev Bersiap Perebutkan Gelar Juara Australia Terbuka 2022

O'Neill memenangkan gelar pada tahun 1978 dan mengatakan kepada wartawan sebelum pertandingan: "Saya mungkin penggemar terbesarnya (Barty). Saya akan dengan senang hati menyerahkannya kepadanya karena dia sangat pantas mendapatkannya."

Kedua pemain dengan nyaman melakukan servis game awal mereka, menawarkan sedikit peluang saat mereka saling merasakan. Dengan dukungan penonton, Barty menang 6-3 dalam 32 menit di set pertama.

Tapi Collins belum selesai dan bangkit kembali, mematahkan servis Barty untuk 2-0 di set kedua. Bahkan Collins mampu memimpin 5-1. Tetapi Barty mampu bangkit dan memaksakan tiebreak dan mengakhiri set kedua dengan 7-6, sekaligus membuatkan menjuarai Australia Terbuka 2022.(Ant/OL-4)

Baca Juga

Dok. PB Djarum

Kado Hari Kebangkitan Nasional, Atlet Muda PB Djarum Boyong 9 Gelar Juara dari 3 Turnamen di Eropa

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:15 WIB
Hasilnya, di Stockholm Junior International Series 2022, tiga gelar juara di sektor ganda yakni ganda putra, ganda putri dan ganda campuran...
Dok. PBSI

All Indonesian Final, Ganda Putra Pastikan Satu Emas untuk Kontingen Garuda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:30 WIB
Dominasi ganda putra Indonesia dimulai dengan kemenangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin atas ganda putra tuan rumah, Tuan Duc Do/Hong...
AFP/Lillian Suwanrumpha

Melenggang Ke Final, Fajar/Rian Jaga Asa Indonesia di Thailand Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra irianto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:18 WIB
Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di babak final, setelah memetik kemenangan dalam pertarungan berdurasi 34...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya