Minggu 09 Mei 2021, 16:47 WIB

Alvarez Pertahankan Gelar Unifikasi Kelas Menengah Super

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Alvarez Pertahankan Gelar Unifikasi Kelas Menengah Super

Ed MULHOLLAND / Matchroom Boxing / AFP
Petinju Meksiko Saul 'Canelo Alvarez (tengah) merayakan kemenangan setelah menang TKO dari petinju Inggris Billy Joe Saunders.

PETINJU Saul 'Canelo' Alvarez keluar sebagai pemenang atas Billy Saunders pada duel tinju unifikasi tiga sabuk juara kelas menengah super, Minggu, (9/5) WIB.

Digelar di AT&T Stadium, Arlington, Texas Amerika Serikat, Alvarez dinyatakan menang technical knock out (TKO) setelah Saunders tak bisa melanjutkan pertarungan menjelang ronde ke-9.

Atas kemenangan itu Alvares mempertahankan gelar Dewan Tinju Dunia (WBC) dan Asosiasi Tinju Dunia (WBA), serta merebut sabuk Organisasi Tinju Dunia (WBO) milik Saunders, di depan lebih dari 73 ribu penggemar yang memadati venue pertandingan, menjadi salah satu pertandingan olahraga Amerika Serikat yang memiliki penonton terbanyak sejak pandemi Covid-19.

Saunders duduk terdiam sambil berkata bahwa dia tidak bisa melihat dari mata kanannya yang bengkak parah dan tak dapat meneruskan pertandingan, akibat pukulan Alvarez yang berulang-ulang disengaja.

"Aku tahu itu," kata Alvarez. "Kurasa aku mematahkan pipinya. Dia tidak bangkit untuk berkelahi karena aku mematahkan pipinya" terangnya dikutip dari AFP, Minggu, (9/5).

Alvarez meningkatkan rekor pertandingannya menjadi menang-kalah-seri (56-1-2) dengan catatan 38 KO. Kemenangan itu juga menjadi langkah lain dalam upaya Alvarez untuk mendominasi divisi 168 pound (76,2kg).

Satu-satunya kekalahan yang di alami Alvarez di kelas menengah super terjadi pada 2013 lalu, saat ia di bekuk Floyd Mayweather Jr.

"Saya mengatakan sebelum pertandingan bahwa permainan saya akan berkembang pada ronde ke tujuh dan kedelapan. Dan nyatanya saya memenangi putaran demi putaran," sebut Alvarez. "Saya menyesuaikan diri dengan sangat cepat di pertandingan itu," imbuhnya.

Juara utama lainya di divisi 168-pound yang ingin ditaklukan Alvarez adalah Celeb Plant. Saat ini petinju Amerika berusia 28 tahun itu memegang gelar Federasi Tinju Internasional (IBF) berdasarkan catatan karirnya Plant belum pernah terkalahkan dengan rekor kemenangan 21-0 dengan 12 KO.

Berambisi menyempurnakan raihan sabuknya, Alvares pun mengaku akan segera melawan plant sesegera mungkin. "Saya akan segera datang bung, saya akan datang ," tukasnya. (Rif/AFP/OL-09)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kemenkominfo Antisipasi Lonjakan Data Jelang PON XX Papua

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:17 WIB
“Kami menyadari bahwa akan terjadi peningkatan trafik yang besar, sehingga nanti tentu pasti disiapkan dengan backup telekomunikasi...
Antara

Menpora Minta Persiapan Nonfisik PON Papua Juga Ditingkatkan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 24 Juni 2021, 17:50 WIB
Seperti, komunikasi internal antara PB PON Papua dan Sub PB PON di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika...
JOSE JORDAN / AFP

Pembalap WSBK Gerloff Gantikan Morbidelli di MotoGP Belanda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 24 Juni 2021, 15:52 WIB
Garrett Gerloff dikonfirmasi akan mengantikan pembalap Franco Morbidelli untuk melakoni balapan di MotoGP Balanda bersama tim Petronas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya