Minggu 11 April 2021, 16:44 WIB

Kompetisi IBL Seri 1 Berakhir dengan Nihil Kasus Covid-19

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Kompetisi IBL Seri 1 Berakhir dengan Nihil Kasus Covid-19

ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna
Pertandingan IBL 2021 Seri 1 antara tim Indonesia Patriots dan NSH Mountain Gold di Lapangan Basket Robinson Resort, Cisarua, Bogor, Jabar.

KOMPETISI Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 Seri 1 yang digelar di gelembung Robinson Resort, Bogor, resmi berakhir pada Sabtu, (10/4), tanpa adanya kasus positif Covid-19 di antara para pemain.

Sebelum laga perdana berjalan pada 10 Maret 2021, IBL mengumumkan bahwa 69 orang dinyatakan positif terpapar Covid-19 laporan terebut berdasarkan hasil tes PCR terhadap seluruh tim dan panitia yang dilakukan pada bulan Januari 2021.

Pada tes berikutnya yang dilakukan pada 6 Maret 2021, jumlah tersebut turun drastis menjadi 17 orang. Sementara pada tes sebelum masuk gelembung 8 Maret tersisa 13 orang yang terdeteksi positif covid-19.

Setelah mendapatkan zero case di gelembung saat kickoff perdana. Satu temuan positif Covid-19 pun ditemukan di gelembung pada 16 Maret saat kompetisi tengah berlangsung.

Namun saat itu, panitia penyelenggara langsung melakukan tindakan mitigasi dan membawa seseorang tersebut ke rumah sakit rujukan untuk menjalani perawatan. IBL juga langsung melakukan penelusuran kontak erat (tracing).

Berkat penanganan yang tepat krisis pun berhasil di lalui, bahkan pihak penyelenggara bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahrga serta Kementerian Kesehatan melakukan vaksinasi covid-19 di dalam glembung untuk meminimalkan penyebaran covid-19.

"Hasilnya 463 peserta Kompetisi IBL 2021 bersih dari virus Covid-19," ucap Direktur IBL Junas Miradiarsyah, Minggu, (11/4).

"Hasi ini mengulang hasil bersih covid-19 saat PCR terakhir. Bukti bahwa semua personil memegang komitmen dan disiplin pada protokol kesehatan," imbuhnya.

Dengan berakhirnya fase 1, para personel akan mendapatkan jeda selama bulan Ramadhan sebelum liga dilanjutkan ke babak playoff hingga final IBL 2021 yang akan dimulai pada 23 Mei - 6 Juni di Mahaka Arena, Jakarta.

Monitoring kesehatan seluruh personel akan terus dilakukan IBL saat jeda berlangsung. Termasuk melakukan tes PCR jelang babak Playoff pada 14 Mei mendatang.

Tes PCR berikutnya juga akan dilakukan pada 19 dan 21 Mei sebelum seluru personel memasuki gelembung Playoff IBL di Mahaka Square Arena, Jakarta.

"Total akan dilakukan sepuluh kali tes PCR bagi semua persobel yang terlibat hingga babak final," ujar Junas. (Rif/IBL/OL-09)

Baca Juga

AFp/Luca Bettini

Merlier Jadi yang Tercepat di Adu Sprint Etape 2 Giro d'Italia

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 10 Mei 2021, 00:17 WIB
Saat melewati garis ffinis, Merlier merayakan kemenangan dengan membentuk huruf W pada kedua tangannya, sebagai tanda penghormatan kepada...
AFP

Lewis Hamilton Rebut Kemenangan Ke-98 di F1 GP Spanyol

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 10 Mei 2021, 00:15 WIB
Hamilton tampil ciamik saat ia secara mengejutkan menyalip pembalap Red Bull Racing Max Verstappen pada lap ke-60. dan  langsung...
AFP/Toshifumi Kitamura

Koreztky Juarai Seri Pembuka Piala Dunia Sepeda Gunung di Albstadt

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 09 Mei 2021, 23:44 WIB
Koretzky unggul 2 detik dari juara Eropa, Nino Schurter (Swiss) yang merebut podium...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya