Senin 08 Maret 2021, 10:25 WIB

Didera Cedera Panjang, Federer Masih Belum Berniat Gantung Raket

 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Didera Cedera Panjang, Federer Masih Belum Berniat Gantung Raket

Greg WOOD / AFP
Roger Federer, tengah bersiap lagi berlaga di lapangan dengan mengikuti turnamen Qatar Terbuka 2021.

PETENIS Swiss, Roger Federer, tengah bersiap lagi berlaga di lapangan dengan mengikuti turnamen Qatar Terbuka 2021.

Mantan petenis peringkat satu dunia itu mengungkapkan bahwa dirinya tak pernah memikirkan untuk pensiun karena didera cedera lutut cukup lama dalam satu tahun terakhir.

Pemegang 20 gelar grand slam itu harus asen panjang setelah kekalahannya atas petenis Serbia Novak Djokovic di semifinal Australia terbuka pada 2020 silam. Federer mengatakan kini ia sudah pulih sepenuhnya siap untuk berkompetisi di Qatar.

Namun ia mengakui bahwa keputusan tersebut, bukan hal yang biasa bagi seorang petenis berusia 39 tahun untuk kembali bertanding setelah mengalami cedera.

"Saya tahu jarang bagi pemain berusia hampir 40 tahun untuk kembali (berkompetisi) setelah satu tahun rehat," ucap Federer dikutip dari AFP, Senin, (8/3).

"Tetapi Saya merasa masih ada harapan, dan pensiun tidak pernah benar-benar menjadi pilihan. Yang terpenting adalah saya tidak merasakan nyeri dan merasa bebas dari cedera. Saya sangat senang bisa kembali ke turnamen," imbuhnya.

Menjalani dua kali operasi lutut pada tahun 2020, ia mengatakan tak pernah menyangka bahwa cederanya akan terjadi selama ini.

"Saya sangat senang bisa kembali bermain di turnamen, saya juga tidak menyangka bahwa cedera akan berlangsubg selama ini," sebutnya.

Ketika ditanya terkait persaingannya dengan Rafael Nadal dan Novak Djokovic, petenis Swiss itu mengatakan bahwa pembicaraan tersebut memang selalu menjadi perdebatan yang menarik.

"Saya pikir apa yang dilakukan Novak dan Rafa baru-baru ini merupakan hal yang luar biasa. Mereka juga bukan pemain berusai 25 tahun lagi," ujarnya.

"Novak melakukannya di Australia, dan Rafa di Prancis. Mereka sepertinya sedang berada di puncaknya masing-masing. Hal ini sesuatu yang bagus untuk dunua tenis sekaligus untuk diperdebatkan," terangnya.

Dengan usianya yang kini sudah tak muda lagi dan kondisinya yang baru pulih dari cedera, Federer menyebutkan bahwa ia tak berfokus untuk mengincar gelar di Qatar

"Perhatian saya saat ini adalah kesehatan saya sendiri, fokus pada permainan saya sendiri, dan itu lebih dari pada fokus saya kepada rekor gelar," tukasnya. (Rif/AFP/OL-09)

Baca Juga

AFP/Valery HACHE

Djokovic akan Kembali Gelar Serbia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 10:01 WIB
Kali ini, penyelenggara berjanji turnamen tanah liat yang akan digelar antara 19 dan 25 April itu akan berbeda dengan digelar tanpa...
AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA

Quartararo Sebut Posisi Pole bukan Jaminan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 09:21 WIB
Quatararo, saat ini, menghuni peringkat tiga klasemen dengan 36 poin, sama dengan pencapaian rekan satu timnya, Maverick...
Twitter @utahjazz

Tanpa Mitchell, Jazz Menyerah dari Lakers Lewat Overtime

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 08:43 WIB
Mitchell mengalami cedera pergelangan kaki kanan di kuarter ketiga saat Jazz menang 119-111 atas Indiana Pacers di laga NBA, Sabtu (17/4)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya