Sabtu 31 Oktober 2020, 08:51 WIB

Bulutangkis masih Jadi Andalan Raih Medail Emas

Widjajadi | Olahraga
Bulutangkis masih Jadi Andalan Raih Medail Emas

MI/Widjajadi
Presiden National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun

NATIONAL Paralympic Committee (NPC) Indonesia targetkan medali emas dari cabang bulutangkis di pesta olahraga Paralympic Tokyo 2021. 

"Saatnya di ajang olimpiade untuk atlet penyandang difabel di Tokyo nanti, emas bisa diraih dari bulutangkis," ungkap Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun menjawab mediaindonesia.com, di sela sela syukuran ulangtahun ke-58 NPC di Solo, Jumat malam (30/10).

Menurut dia, sepanjang keikutsertaan atlet binaan NPC Indonesia ke kejuaraan dunia, prestasi tertinggi yang diraih baru medali perunggu, yakni melalui atlet tenis meja David Jacobs pada Paralympic Games 2016 di Rio de Janeiro,Brasil, serta sebelumnya atas nama Ni Nengah Widiasih di Paralympic Games 2010 London .

Karena itu, lewat pembinaan yang matang  dan kalkulasi yang cermat, Senny berharap atlet NPC Indonesia di cabang bulutangkis bisa mengibarkan merah putih paling tinggi di podium Paralympic Games 2021. 

"Kesempatan terbaik ada pada bulutangkis," tegas dia sekali lagi.

Pelatih bulutangkis NPC, Muhammad Nurrohman mengatakan di Paralympic Tokyo nanti ada 7 atlet yang dipersiapkan untuk tampil di enam kelas standing lower dan upper. Andalan untuk meraih emas ada pada pasangan ganda campuran Leani Ratri/Hary Susanto di kelas doble mix SL3-4-SU5.

"Saingan terberat Indonesia dalam meraih emas di pesta Paralympic Tokyo adalah dari Perancis. Namun kita optimistis, pasangan Leani- Hary akan mampu. Mereka kini terus berlatih keras di pelatnas yang berlangsung di Hartono Trade Center Solobaru," kata Nurrohman.

Selain pasangan Leani-Hary, dari cabor bulutangkis ini ada Suryanagoro yang diharapkan bisa tampil cemerlang dan mendapatkan medali di kelas standing upper (SU) 5 putra. Lalu ada Deva Anrimusti yang juga menjadi atlet andalan yang berpeluang merebut medali.

baca juga: November, Panitia Olimpiada Tokyo Buka Refund Tiket Pertandingan

Atlet bulutangkis lain yang diharapkan bisa tampil bagus adalah Ukun Rukaendi di kelas single standing lower (SL) 3 putra. Kemudian di kelas single SL 4 putra, Fredy Setiawan juga diharapkan bisa lolos. Pasa bagian lain, Leani Ratri selain berpasangan dengan Hary Susanto di kelas double mix SL3-4-SU5, juga diharapkan tampil cemerlang dua kelas berbeda.Yakni di kelas single standing lower 4 putri, lalu double SL3-4-SU5 putri berpasangan dengan  Khalimatus Sadiyah.

"Memang Leani Ratri saat ini berstatus sebagai peringkat satu dunia. Karena itu bersama Hary Susanto, kami sangat berharap dapat emas. Mudah mudahan yang luar biasa itu nanti bisa diwujudkan dalam Paralympic Games Tokyo," katanya.

Saat ini ada 35 atlet NPC dari tujuh cabang yang dipersiapkan untuk terjun di Paralympic Tokyo menjalani pelatnas di Solo. Diharapkan sedikitnya ada 25 atlet yang nantinya lolos untuk berangkat . (OL-3)
 

Baca Juga

AFP/MARTIN BUREAU

Pliskova Tunjuk Pelatih Baru untuk Musim 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 November 2020, 12:58 WIB
Bajin, asal Jerman, mengantar Osaka meraih dua gelar Grand Slam yakni Amerika Serikat (AS) Terbuka 2018 dan Australia Terbuka pada tahun...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Haas Sebut Grosjean Dapat Membalap di GP Sakhir Jika Sehat

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 30 November 2020, 10:22 WIB
Steiner bersikeras Grosjean akan menjadi pilihan pertama jika cederanya telah sembuh dan mau kembali...
AFP/HAMAD I MOHAMMED

Tim Haas F1 Konfirmasi Grosjean Masih Dalam Perawatan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 30 November 2020, 09:30 WIB
Steiner menyebut luka bakar di tangan Grosjean sebagai cedera utamanya saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya