Selasa 21 Maret 2023, 19:18 WIB

Polda NTT Ikut Sosialisasi Pemanfaatan Program Asabri

Palce Amalo | Nusantara
Polda NTT Ikut Sosialisasi Pemanfaatan Program Asabri

MI/Palce Amalo
Sosialisasi program PT Asabri bagi anggota Polda NTT.

 

POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama polres jajaran mengikuti sosialisasi Program PT Asabri yang digelar secara offline dan daring di Kupang, Selasa (21/3). Kegiatan sosialisasi ini dibuka Kapolda NTT Johni Asadoma, dihadiri ratusan anggota kepolisisan dan aparatur sipil negara (ASN) Polda NTT dan Komisaris Utama PT Asabri Fary Djemy Francis, pimpinan Bank Mitra Asabri serta Kepala PT Asabri Cabang Kupang Petrus Sirait.

Sosialisasi ini membahas tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2020 tentang perubahan atas PP Nomor 102 Tahun 2015 Tentang  Asuransi Sosial Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia

Menurut Kapolda sosialisasi tersebut penting untuk memberikan pemahaman kepada anggota maupun ASN Polri tentang apa itu Asabri, apa kegiatan dan manfaatnya, serta apa saja hak dan kewajiban yang diperoleh dari anggota sebaga nasabah dari Asabari.

"Hal ini sangat penting, karena ini merupakan BUMN yang mengelolah uang dari pada anggota Polri, sehingga anggota harus tahu, kemudian para pengurus harus menyampaikan kepada anggota sehingga ada transparansi di situ," ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi ini juga sungguh amat penting karena mengingat sejak mulai diangkat menjadi anggota Polri maupun ASN Polri secara langsung sudah ditetapkan menjadi peserta Asabri. Sebagai BUMN, PT. Asabri juga melaksanakan dan menunjang kebijakan terhadap program Pemerintah dibidang ekonomi dan pembangunan nasional, khususnya di bidang asuransi sosial melalui penyelenggaraan asuransi atau jaminan sosial di lingkungan Kemhan, TNI dan Polri.

"Manfaat asuransi sosial perlu ditingkatkan secara terus menerus sejalan dengan perubahan kebutuhan hidup agar taraf hidup prajurit, anggota Polri dan ASN dilingkungan Kemenhan, TNI dan Polri tetap dapat terpelihara," ujarnya.

Di sisi lain, Komisaris Utama PT Asabri Fary Djemy Francis, menyampaikan apresiasi kepada Kapolda NTT dan jajarannya atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini. Ia mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh jajaran Polda di seluruh Indonesia.

"Terima kasih atas terobosan yang dilakukan oleh Kapolda NTT yang mengumpulkan seluruh jajaran, karena memang MoU Asabri dengan Kapolri berkaitan dengan pelayanan Asabri kepada anggota Polri di Polda-Polda harus diintensifkan. Dan ini mungkin pertama kali Polda mengumpulkan seluruh jajarannya", terang Fary Djemy Francis.

Menurutnya, penekanan dari sosialisasi yang dilakukan ini adalah pelayanan digital. "Sekarang ini kita lebih fokus bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik karena masih banyak yang belum paham tentang Asabri, misalnya kecelakaan yang dialami oleh anggota-anggota, bagaimana klaimnya dan sebagainnya, apa saja yang bisa dicover itu yang hari ini kita mau sampaikan. Itu intinya," ujar Fary Francis. (R-2)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Dorong Cinta Bangga Paham Rupiah, BI Tegal Gelar Pelatihan bagi Guru

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 01 Oktober 2023, 08:15 WIB
Bank Indonesia Tegal mengedukasi para guru untuk mencintai...
MI/Denny

Ratusan Sumur Bor di Kalsel Dalam Kondisi Rusak

👤Denny Susanto 🕔Minggu 01 Oktober 2023, 07:35 WIB
Hampir separuh dari 600an sumur bor di Kalimantan Selatan dalam kondisi rusak dan memengaruhi upaya pemadaman...
Ist

Agroeduwisata Jadi Sarana Kenalkan Dunia Pertanian kepada Anak Sejak Usia Dini

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 01 Oktober 2023, 07:18 WIB
SMK-PPN Banjarbaru memberikan pengetahuan dasar kepada siswa mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK melalui agroeduwisata di lingkungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya