Jumat 20 Januari 2023, 21:29 WIB

Bulukumba akan Bangun Bandara Khusus Pariwisata

Lina Herlina | Nusantara
Bulukumba akan Bangun Bandara Khusus Pariwisata

ANTARA/Abriawan Abhe
Wisata Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu wisata pantai yang dikelola Pemkab Bulukumba yang ramai dikunjungi wisnus dan wisman.

 

KABUPATEN Bulukumba, Sulawesi Selatan, punya destinasi wisata yang cukup banyak, dan salah satu wisata pantai yang terkenal yaitu Pantai Tanjung Bira.

Hanya saja, untuk tiba ke sana, butuh waktu antara 5-6 jam dengan jalur darat dari Kota Makassar, Ibukota Provinsi Sulsel. Sehingga Pemkab Bulukumba berencana membangun bandar udara khusus pariwisata.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Bulukumba Ali Saleng saat ke Kantor Gubernur Sulsel, untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pembangunan bandara udara khusus itu.

Menurutnya, pembangunan bandara khusus itu, membutuhkan lahan sekitar 79 hektare. Dan akan dibangun di dua kecamatan yaitu Kecamatan Bontobahari dan Bontotiro.

"Rencana pembangunan bandara di Bulukumba itu, ada sejak 2010. Saat itu bupatinya masih Zainuddin Hazan, termasuk saat Bupati Andi Sukri Sappewali juga," ungkap Ali.


Baca juga: Tokoh Morowali Pastikan Kondisi Keamanan PT GNI Kondusif


"Bandara nanti dikhususkan buat pariwisata saja. Dengan demikian, bandara ini tidak diperuntukkan untuk komersil," sambung Ali, Jumat (20/1).

Karena kata Ali, semua tergantung kebijakan. "Dulunya bandara pariwisata tapi tidak ada nomenklatur di kementerian. Kemudian, berubah sekarang untuk bandara umum komersil tidak ada, yang ada hanya bandara khusus," lanjut Ali.

Karenanya, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Pemprov Sulsel terkait seluruh proses pembangunan bandara itu. Pembangunan bandara ini akan menggunakan anggaran APBD Sulsel dan APBN.

"Kita sangat berharap mudah-mudahan tahun ini. Anggaran APBD Provinsi, selebihnya dari pusat," seru Ali.

Bandara tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang pengembangan pariwisata di Kabupaten Bulukumba. Pasalnya, Bulukumba memiliki sederet destinasi wisata favorit namun butuh waktu lama untuk menjangkaunya. (OL-16)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Banjir Masih Merendam Kota Semarang

👤Achmad Safuan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:00 WIB
Bencana banjir masih merendam wilayah Kota  Semarang, sehingga warga tetap siaga apalagi diperkirakan cuaca ekstrem masih akan...
MI/Seno

Hakim Pengadilan Agama Dipecat karena Telantarkan Anak

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:50 WIB
Ia dilaporkan karena melakukan poligami, tidak mengakui anak, tidak menafkahi anak dan tidak memberikan contoh sebagai hakim...
MI/Amiruddin A.R

Harimau Masuk Perangkap di Aceh Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:59 WIB
BKSDA Aceh menyatakan seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) masuk kandang perangkap di kawasan Hutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya