Jumat 20 Januari 2023, 15:48 WIB

Polisi Tahan 7 Anggota LSM Dalam Kasus Pemerkosaan di Brebes

Ahmad Safuan | Nusantara
Polisi Tahan 7 Anggota LSM Dalam Kasus Pemerkosaan di Brebes

MI/Supardji Rasban
Wakapolres Brebes, Kompol Arwansa, saat konperensi pers di Mapolres Brebes

 

POLISI menahan dan menetapkan tersangka terhadap tujuh anggota lembaga swadaya masyarakat (LSM), terlibat mendamaikan kasus pemerkosaan bocah di Brebes.

"Hari ini sudah kita tahan, tujuh orang LSM yang melakukan provokasi dan pelanggaran hukum," kata Kepala Polda Jateng Irjen Ahmad Luthfi di kantornya Jumat (20/1).

Ketujuh anggota LSM  tersebut, demikian Ahmad Luthfi, ditetapkan tersangka dsn ditahan setelah petugas melakukan pemeriksaan terhadap 21 saksi dalam kasus pemerkosaan bocah di Brebes, Mereka yakni Edi Sucipto,36, Wardi Supardi,40, Andy Sugiyanto,42, Bambang Jatmiko,35, Tashadi,43, Abdul Mutholib,42, dan Udin Zen ,38.

Anggota LSM itu berdasarkan pemeriksaan dan pendalaman kasus, lanjut Ahmad Luthfi, terbukti melakukan pemerasan, memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan dalam kasus pemerkosaan bocah di Brebes.

Sebelumnya enam pemuda di Brebes terlibat dalam tindak pidana pemerkosaan terhadap seorang anak, namun oleh pihak mengaku LSM Barisan Patriot Peduli Indonesia (BPPI) mendatangi orang tua korban dan kemudian mengundang orang tua pelaku untuk dilakukan mediasi agar kasusnya tidak sampai ke polisi.

Dalam pertemuan di kantor desa itu, pihak LSM meminta uang damai Rp200 juta kepada enam orang tua pelaku dengan ancaman akan melaporkan ke polisi, namun hanya disanggupi Rp70 juta. "Kami dipaksa sehingga dari orang tua terkumpul Rp62 juta dan diserahkan agar damai," ujar Karyoto, orang tua salah seorang pelaku.

Dari jumlah uang diserahkan hasil patungan enam orang tua pelaku Rp62 juta agar kasus tidak berlanjut secara hukum, kemudian hanya diberikan Rp30 juta kepada orang tua korban.

Namun atas tindak pemerkosaan itu, polisi tetap melakukan pengusutan sehingga enam tersangka pelaku dibekuk di rumah masing-masing, setelah menjalani pemeriksaan kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Bahkan polisi juga menyusut tindakan anggota LSM diluar hukum tersebut, hingga akhirnya polisi juga mencokok pelaku. (OL-4)

Baca Juga

kendalkab.go.id

Kendal Jadi Episentrum Ekonomi Baru di Jawa Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:20 WIB
Kawasan Industri Kendal, sampai dengan periode Januari 2023, telah menembus angka US$2,55 miliar dan menyerap 25.000 tenaga...
MI/Palce Amalo

BI: Ekonomi NTT Tetap Kuat Hadapi Lonjakan Inflasi Tekanan Global

👤Palce Amalo 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:25 WIB
KANTOR Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan kinerja ekonomi daerah itu masih menunjukkan ketahanan yang cukup...
MI/Adi Kristiadi

Mardiono Sowan ke Pimpinan Ponpes Sukahideng: Optimis PPP Jaya Lagi

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:10 WIB
Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono mendapat arahan dari Pimpinan Ponpes Sukahideng, Tasikmalaya untuk terus mendekatkan diri kepada para kiai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya