Kamis 19 Januari 2023, 20:17 WIB

Kenaikkan Harga Beras Naik Karena Belum Masa Panen

Benny Bastiandy | Nusantara
Kenaikkan Harga Beras Naik Karena Belum Masa Panen

ANTARA
Ilustrasi

 

HARGA beras di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, trennya terpantau cenderung naik. Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) setempat menilai penyebabnya karena faktor saat ini belum memasukinya masa panen.

Kepala Bidang Perdagangan Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Agus Mulyana, menyebut harga beras akhir-akhir ini memang trennya naik. Saat ini untuk beras jenis medium di kisaran Rp9.500 per kilogram dan jenis premium kisaran Rp10.500 per kilogram. "Beras sekarang ada kenaikan mungkin karena belum waktunya panen," kata Agus, Kamis (19/1).

Agus menuturkan Kabupaten Cianjur masih kekurangan mesin pengering padi. Saat ini hanya memiliki 1 unit alat pengering dengan kapasitas produksi 40 ton. "Jadi, kalau sedang masa panen produksi beras sebetulnya berkurang karena kita kekurangan alat pengering," ucapnya.

Sejauh ini, lanjut Agus, para petani di Kabupaten Cianjur masih mengandalkan matahari untuk proses pengeringan. Di tengah kondisi cuaca ekstrem, sebut Agus, proses pengeringan yang masih manual tentu akan memakan waktu.

"Ini yang sedang kita pikirkan. Kalau ada mesin pengering tentu akan mempercepat produksi yang didistribusikan ke pasaran," ungkapnya.

Agus menuturkan secara umum stok berbagai komoditas kebutuhan masyarakat menjelang Imlek di Kabupaten Cianjur relatif mencukupi. Tak hanya stok pangan, tapi juga sayuran.

"Beberapa komoditas sayuran sebetulnya terpenuhi dari petani lokal, seperti bawang daun, kol, atau sawi. Namun untuk kentang masih mengandalkan dari Jember atau Garut. Maka secara otomatis harga mengikuti dari daerah asal. Tapi kalau untuk stok, kebutuhannya tersedia," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

Dok Dompet Dhuafa

Program Hunian Sementara Penyintas Gempa Cianjur Dikebut

👤Media Indonesia 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:50 WIB
PROGRAM hunian sementara (huntara) bagi penyintas gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat terus...
MI/Amiruddin AR

263 Ha Lahan Perkebunan di Aceh Utara Terendam Banjir

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:40 WIB
Dari 263 hektare perkebunan terendam banjir tersebut di antaranya 193 ha tanaman sawit, 53 ha perkebunan kako, dan 17 ha perkebunan...
ANTARA/Asep Fathulrahman

Ritual Kawalu, Perkampungan Badui Dalam Tertutup bagi Wisatawan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:30 WIB
Pelaksanaan Kawalu itu mulai diberlakukan, Selasa (24/1), hingga Kawalu tiga pada 24 April...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya