Senin 16 Januari 2023, 14:30 WIB

Polisi Amankan 71 Pekerja Pasca-Bentrokan di PT GNI

Mitha Meinansi, Muklis Efendi (SB) | Nusantara
Polisi Amankan 71 Pekerja Pasca-Bentrokan di PT GNI

MI/Mitha Meinansi
Polisi Amankan 71 Pekerja Pasca-Bentrokan di PT GNI

 

SEBANYAK 71 pekerja diamankan di Mapolres Morowali Utara menyusul kejadian kerusuhan dan pengerusakan sejumlah fasilitas di PT. Gunbuster Nickel Industry (PT GNI).

31 orang sudah dilakukan pemeriksaan, 17 di antaranya terbukti melakukan pengerusakan dan selanjutnya akan ditetapkan sebagai tersangka saat terjadinya peristiwa yang mencekam di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, pada 15 Januari 2023.

Sementara itu 16 orang lainnya yang tidak terbukti terlibat kejadian tersebut dilepas dan dikenakan wajib lapor. Sisanya hingga kini masih menjalani pemeriksaan oleh pihak kepolisian setempat.

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto mengatakan dua orang yang meninggal akibat kejadian tersebut sudah teridentifikasi, satu orang warga negara Tiongkok bernama XE (31) sementara seorang lainnya adalah MS (30) WNI asal Pare-Pare, Sulsel.

“Sampai saat ini situasi di PT GNI cukup aman dan terkendali sementara polisi dan TNI masih melakukan pengamanan di beberapa lokasi-lokasi strategis,” uajr Didik Senin (16/1/2023).

Diketahui sebelumnya telah terjadi aksi mogok kerja diikuti unjuk rasa di dua lokasi berbeda yaitu di Pos IV PT GNI dan Pos V PT GNI, terkait sejumlah tuntutan pekerja yang belum diakomodasi oleh pihak perusahaan.

Unjuk rasa tersebut menyebabkan perselisihan dan bentrokan antara sejumlah pekerja dengan pihak keamanan PT GNI serta berlanjut dengan aksi saling kejar dan pelemparan batu juga pembakaran bangunan mess karyawan hingga menyebabkan tewasnya dua orang pekerja dan sejumlah pekerja lainnnya mengalami luka-luka. (Mef/MT/A-3)

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya