Rabu 11 Januari 2023, 19:21 WIB

BPBD Maluku Catat 400 Jiwa di Dawelor Dawera Mengungsi akibat Gempa

mediaindonesia.com | Nusantara
BPBD Maluku Catat 400 Jiwa di Dawelor Dawera Mengungsi akibat Gempa

AFP/HO/BNPB
Rumah warga yang rusak akibat gempa magnitudo 7,5 mengguncang Kepulauan Tanimbar, Maluku, Selasa (10/1) dini hari.

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku menyebutkan sebanyak 400 jiwa di Kecamatan Dawelor Dawera, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, mengungsi usai gempa magnitudo 7,5 berpusat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.
 
"Terkait dengan warga yang mengungsi, dapat kami sampaikan di Kecamatan Dawelor Dawera ada 400 jiwa yang mengungsi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku Ismail Usemahu seperti dikutip Antara dari Jakarta, Rabu (11/1).
 
Kemudian untuk warga di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ismail mengatakan warga yang rumahnya rusak berat mengungsi di rumah keluarga dan kerabat.
 
"Saat ini situasi mulai kondusif dan masyarakat tidak panik lagi seperti awal kejadian gempa, dan pemerintah provinsi dengan dibantu oleh TNI-Polri bersinergi mulai dari level kabupaten/kota yang terdampak dalam hal ini Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya, dalam penanganan pengungsi," ujar Ismail.
 
BPBD Maluku telah menyalurkan bantuan logistik tanggap darurat berupa beras kemudian peralatan evakuasi dan perlengkapan keluarga.
 
Ismail mengatakan strategi penanganan jangka pendek BPBD Maluku melaksanakan pelayanan terhadap pengungsi, mendata korban luka ringan maupun yang luka berat, memastikan bantuan kesehatan maupun di bidang logistik, dan pendataan serta verifikasi rumah maupun sarana prasarana publik yang rusak.


Baca juga: Gelombang Tinggi Masih Berpotensi Terjadi di Perairan Bali

 
Gempa bumi magnitudo 7,5 terjadi pada Selasa (10/1) pukul 02.47 WIT. Fenomena aktivitas geologi ini berpusat pada 136 km barat laut Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 130 kilometer.
 
Data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Selasa (10/1) pukul 19.34 WIB menyebutkan lebih dari 70 rumah warga di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku, mengalami kerusakan.
 
BPBD Kabupaten MBD mencatat total rumah rusak di wilayahnya mencapai 73 unit. Dari jumlah tersebut, rumah rusak berat sebanyak 29 unit, sedangkan rusak ringan 44. Tak hanya rumah warga, dua sekolah dan satu gereja mengalami rusak ringan.
 
Sedangkan korban terdampak, lima warga MBD mengalami luka-luka. Hingga laporan ini diterima Pusdalops BNPB, belum ada laporan warga yang melakukan pengungsian.
 
Wilayah terdampak di Kabupaten MBD, antara lain tersebar di Kecamatan Dawelor Dawera, Leti, dan Damer. Data kerusakan rumah warga di Kabupaten Tanimbar tercatat sejumlah 92 unit. (Ant/OL-16)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kepala BNN Ajak Taruna Akademi Militer Perangi Peredaran Narkoba

👤Tosiani 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:06 WIB
 Semua pihak harus aktif dalam mencegah peredaran...
MI/DENNY SUSANTO

Mengenal Posko Meratus, Kelompok Penjaga Hutan Adat Pegunungan Meratus

👤Denny Susanto 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:02 WIB
Sebagai bagian paru-paru dunia, keberadaan pegunungan Meratus sangat vital. Meratus juga menjadi sumber air utama bagi tiga provinsi...
MI/DWI APRIANI

Pupuk Indonesia Targetkan Penyerapan Urea di Kalimantan Selatan Mencapai Dua Kali Lipat di 2023

👤Denny Susanto 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:00 WIB
Serapan pupuk urea dan NPK di Kalsel cukup baik sepanjang 2022. Untuk urea kita targetkan peningkatan penyaluran hingga dua kali lipat pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya