Senin 09 Januari 2023, 08:18 WIB

Kapolri Resmikan Gedung Baru Polda Papua

Siti Yona Hukmana | Nusantara
Kapolri Resmikan Gedung Baru Polda Papua

MI/HO
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (ketiga dari kiri) saat meresmikan gedung baru Polda Papua.

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan gedung Markas Komando (Mako) Polda Papua baru, Minggu (8/1). Hal itu sebagai salah satu dorongan pembangunan infrastruktur di wilayah Timur Indonesia yang merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita harapkan sejalan dengan apa yang menjadi kebijakan Pak Presiden, bahwa tanah Papua harus maju seperti daerah lain di Indonesia," kata Listyo melalui keterangan tertulis, Senin (9/1).

Listyo mengatakan Papua adalah surga kecil yang jatuh ke Bumi. Maka itu, kata dia, Polri selalu mendorong pembangunan infrastruktur khususnya di bagian wilayah Indonesia timur untuk dipercepat.

Baca juga: Rampai Nusantara Apresiasi Kapolri Benahi Polri dan Jaga Keamanan

"Dan tentu saja nanti secara paralel dengan pembangunan sumber daya manusia yang juga ingin kita kerjakan," ungkap jenderal bintang empat itu.

Listyo meminta Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri untuk menyiapkan program-program yang baru. Terutama untuk meningkatkan aktivitas masyarakat yang bisa mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi baru untuk masyarakat Papua. Salah satu contoh suksesnya adalah tergelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua.

"Jadi itu bentuk komitmen bahwa Pemerintah terus berikan perhatian penuh ke masyarakat dan tanah Papua," ujar Listyo.

Polri diminta terus meningkatkan sinergitas dengan TNI dan seluruh elemen masyarakat. Sebab, pada 2023, pemerintah terus menyelenggarakan program prioritas dan Major Project di wilayah Papua.

Program prioritas itu di antaranya, pembangunan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan, dan infrastruktur kawasan pertanian. Sedangkan, Major Project ialah pengembangan bandara serta penugasan khusus tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat.

"Ini menjadi bagian upaya yang terus didorong Pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sentris. Dan Indonesia sentris itu salah satunya bagaimana kemudian yang berkontribusi adalah wilayah Papua," ucap mantan Kapolda Banten itu.

Peresmian gedung Mako Polda Papua yang baru itu dihadiri Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Kemudian, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Hal itu dinilai wujud sinergitas TNI-Polri yang makin hari semakin berjalan maksimal dan baik.

Listyo menginstruksikan kepada Kapolda Papua agar dapat mengimplementasikan sinergitas dan soliditas TNI-Polri kepada seluruh personel. 

Menurutnya, dengan kokohnya sinergitas dan soliditas TNI-Polri masyarakat akan merasa nyaman dan aman. Serta, terjaganya stabilitas politik, terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan investasi.

"Semuanya dalam kondisi solid untuk mengawal dan menjaga apa yang menjadi program kebijakan pusat maupun daerah. Terus tingkatkan kualitas, soliditas dan sinergitas TNI-Polri menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan, menjaga keamanan dan juga membuat seluruh masyarakat aman dan nyaman," tutur Listyo. (OL-1)

Baca Juga

Dok Dompet Dhuafa

Program Hunian Sementara Penyintas Gempa Cianjur Dikebut

👤Media Indonesia 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:50 WIB
PROGRAM hunian sementara (huntara) bagi penyintas gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat terus...
MI/Amiruddin AR

263 Ha Lahan Perkebunan di Aceh Utara Terendam Banjir

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:40 WIB
Dari 263 hektare perkebunan terendam banjir tersebut di antaranya 193 ha tanaman sawit, 53 ha perkebunan kako, dan 17 ha perkebunan...
ANTARA/Asep Fathulrahman

Ritual Kawalu, Perkampungan Badui Dalam Tertutup bagi Wisatawan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 23:30 WIB
Pelaksanaan Kawalu itu mulai diberlakukan, Selasa (24/1), hingga Kawalu tiga pada 24 April...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya